<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Perlu adanya koordinasi datangkan wisatawan ke Wamena
  • Rabu, 18 Juli 2018 — 17:07
  • 446x views

Perlu adanya koordinasi datangkan wisatawan ke Wamena

Para wisatawan asing yang hadir di FBLB 2017-Jubi/Islam
◕‿◕Mereka yang harus tahu karena ada hubungan langsung dengan biro perjalanan tersebut, pemerintah hanya sekedar pemberitahuan bersama pihak keamanan. Jadi dari mana, dari negara mana, berapa lama datangnya merekalah yang tahu,◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayawijaya, Alpius Wetipo berharap setiap travel atau biro perjalanan maupun hotel yang mendatangkan tamu wisata  ke Wamena, harus jelas dan dapat saling berkoordinasi.

“Travel dan hotel yang ada tamu wisatawan harus jelas, Sehingga mereka yang ingin bawa wisatawan ini bisa mengetahui siapa punya tamu, dan siapa yang mendampingi, begitu juga dengan pemandu wisata siapa,” kata Alpius kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/7/2018).

Dirinya juga meminta bagi wisatawan yang akan ke Wamena, hendaknya didampingi pendamping wisata, dimana jaminan itu ada di travel yang harus bertanggungjawab dan diwajibkan mempunyai pendamping wisata.

“Mereka yang harus tahu karena ada hubungan langsung dengan biro perjalanan tersebut, pemerintah hanya sekedar pemberitahuan bersama pihak keamanan. Jadi dari mana, dari negara mana, berapa lama datangnya merekalah yang tahu,” kata dia.

Hingga kini, belum ada pemberitahuan kepada dinas untuk pembatalan kunjungan wisatawan jelang pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB), terkait adanya insiden perbuatan tidak menyenangkan terhadap turis asal China saat berkunjung di kampung Aikima.

“Rencana kedatangan wisatawan jelang FBLB sudah banyak, terbukti sudah banyak yang memesan hotel-hotel yang ada, bahkan ada wisatawan sejak tahun lalu sudah bayar penginapan, sehingga minat wisatawan untuk datang sangat tinggi tetapi perlu ada pendampingan,” katanya.

Di sisi lain Asisten I Setda Jayawijaya, Tinggal Wusono mengaku atas nama pemerintah daerah menyesalkan adanya insiden pemerkosaan terhadap salah satu wisatawan asing yang terjadi di kampung Aikima, Distrik Kurulu Kabupaten Jayawijaya belum lama ini.

Pasalnya, pemerintah kuartir adanya masalah ini jangan sampai membuat wisatawan asing menjadi takut untuk berkunjung ke Jayawijaya dalam rangka Festivaal Budaya Lembah Baliem.

"Dengan adanya kejadian itu tentunya pemerintah daerah secara berjenjang akan melakukan konsilidasi melalui pemerintahan distrik, kampung dan tokoh masyarakat untuk selalu menjaga atau melindungi para tamu yang datang ke kabupaten Jayawijaya," kata Tinggal. (*)
 

Reporter :Islami Adisubrata
Editor : Syam Terrajana
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Nduga mulai stabil, Bupati minta pegawai-pegawai kembali bertugas

Selanjutnya

Di Yalimo, ada satu partai tidak masukkan pendaftaran Caleg

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua