<
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Buang sampah sembarang, Pasar Phaara jauh dari kesan bersih
  • Kamis, 19 Juli 2018 — 09:43
  • 404x views

Buang sampah sembarang, Pasar Phaara jauh dari kesan bersih

Sampah di pasar Pharaa Sentani, yang dibuang di parit - Jubi/Yance Wenda 
◕‿◕“Kalo mau lihat pasar itu bersih, sebenarnya kembali kepada kesadaran kami para penjual. Kalo kami sadar dalam membuang sampah, pasti pasar ini bersih, tidak bau, dan tidak kumuh seperti ini,” ucap Parman, seorang pedagang di pasar Pharaa.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pengelolaan sampah sepertinya masih menjadi PR besar bagi Pemerintah Kabupaten Jayapura. Selain kesadaran masyarakat yang masih kurang dalam menaati aturan untuk membuang sampah pada waktu dan tempat yang telah ditentukan, di tempat umum seperti pasar pun, kita masih melihat sampah tahambur dimana-mana.

Salah satunya adalah pasar Pharaa Sentani. Pasar terbesar di Kabupaten Jayapura ini, sangat jauh dari kesan bersih. Pantauan Jubi, Kamis (19/7/2018) di pasar Pharaa, sudut-sudut pasar dan parit menjadi tempat utama membuang sampah sisa jualan. Sampah yang dibuang mulai dari bungkus barang dagangan, oki pinang, daun pisang, karton-karton, plastik, dan botol air mineral.

Parman, seorang pedagang di pasar Pharaa, mengatakan masalah sampah perlu ada kesadaran dari setiap penjual di pasar tersebut.

Kalo mau lihat pasar itu bersih, sebenarnya kembali kepada kesadaran kami para penjual. Kalo kami sadar dalam membuang sampah, pasti pasar ini bersih, tidak bau, dan tidak kumuh seperti ini,” ucapnya.

Parman yang hari-hari berjualan bumbu dapur ini mengatakan walau sudah diberitahu namun tetap saja masih ada yang buang sembarang.

“Petugas itu sudah pernah bilang, kalo buang sampah itu di satu tempat dan di tempat yang bisa dilihat dan angkat. Tapi masih saja ada yang seperti tidak mau dengar. Dorang lihat lain taruh di situ, mereka juga ikut buang di situ. Jadi mau marah siapa,” katanya.

Ia juga mengatakan walau sudah disedikan tempat sampah namun tidak dimanfaatkan dengan baik.

Kalo semua buang sampah teratur, petugas tidak setengah mati kerja bolak-balik,” kata pria asal Buton ini.

Seorang pengunjung pasar Phaara Sentani, Claudia Selak, mengatakan pasar yang dibangun pemerintah ini bagus dan baik untuk digunakan berjualan.

“Pasar ini mau bersih dan rapi itu kembali ke kita pu mama-mama dong yang jualan dengan mereka yang di setiap kios dan toko ini. Sampah itu mereka buang kemana, apakah di tempat atau buang saja yang penting petugas ada,” ucapnya.

Ia juga berharap kebersihan ini menjadi kerja sama baik penjual dan petugas agar pasar ini bersih, tidak seperti yang ada sekarang ini, sampah ada dimana-mana dan ludah pinang yang berserakan.

“Cobalah kita jaga bersama, kalo pasar bersih itu orang yang dari luar kota Jayapura datang mereka bisa senang, o pasar bagus sekali, terus bersih lagi, nah itu kan kesan yang baik bagi kami yang di Jayapura sini,” kata Claudia. (*)

Reporter :Yance Wenda
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Hari kelima, pencarian warga hilang di perairan Sarmi, belum ditemukan

Selanjutnya

Modern Dance dan Hip Hop eksis di Jayapura

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua