<
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Penyusup Rusia gunakan seks pengaruhi politikus AS
  • Kamis, 19 Juli 2018 — 16:09
  • 511x views

Penyusup Rusia gunakan seks pengaruhi politikus AS

Ilustrasi agen rahasia, pixabay.com
◕‿◕Warga negara Rusia itu dituduh oleh jaksa AS melakukan kegiatan intelijen untuk kepentingan Rusia selama bertahun-tahun.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jakarta, Jubi - Penyusup Rusia yang diketahui bernama Maria Butina telah menggunakan seks untuk pengaruhi politikus Amerika Serikat (AS). Warga negara Rusia itu dituduh oleh jaksa AS melakukan kegiatan intelijen untuk kepentingan Rusia selama bertahun-tahun.

Wanita berusia 29 tahun itu merupakan alumni Universitas Amerika, ia menjalankan agenda Moskow di AS melakukan komunikasi dengan intelijen Rusia dan para taipan jaringan Kremlin. Bersamaan itu pula Butina memanfaatkan jaringan aktivis sayap kanan dan sejumlah anggota partai Republik di AS.

"Terdakwa secara rahasia mempengaruhi kampanye yang melibatkan perencanaan penting, koordinasi internasional, dan persiapan," kata jaksa dalam berkas dakwaan Rabu, (18/7/2018).

Jaksa menyebutkan penggeledahan FBI di aparatemen yang ditempati Butina pada April lalu, ditemukan sejumlah perangkat komunikasi elektronik seperti laptop dan iPhone yang berisi informasi kontak termasuk alamat email yang terhubung dengan domain FBI dan individu-individu yang bekerja di kantor intelijen Rusia, FSB, lembaga intelijen Rusia pengganti KGB.

"Berdasarkan ini dan bukti lainnya, FBI percaya bahwa terdakwa berhubungan dengan FSB selama dia tinggal di Amerika Serikat," ujar jaksa menjelaskan.

Butina yang tinggal di AS dengan visa pelajar “berbagi makanan pribadi”  pada Maret 2018 dengan seorang agen intelijen RUsia di AS dengan menyamar sebagai diplomat.

Ia juga menjalin hubungan dengan pengusaha kaya raya yang masuk dalam jaringan oligarki Rusia. Pengusaha itu terkenal di Rusia memiliki ikatan kuat dengan Pemerintahan Presiden Rusia.

Untuk mendetilkan idenditas pengusaha tajir itu, jaksa mengutip laporan Forbes tentang pengusaha Rusia itu memiliki harta kekayaan senilai US$ 1,2 miliar pada tahun 2018. Forbes dalam laporannya menyebut ada 11 warga Rusia yang kekayaannya setara dengan angka itu.

Butina ditangkap di Washington dengan tuduhan agen Rusia yang tidak terdaftar. Beberapa hari setelah penangkapannya, FBI mengamatinya saat Butina berusaha meninggalkan AS dengan menghentikan penyewaan apartemennya, membenahi barang-barangnya dalam boks, dan pergi ke penyewaan truk U-Haul dan mentransfer uang sebesar US$ 3.500 ke satu nomor rekening di Rusia.

Pada, Rabu (18/7/2018) kemarin Maria Butina menjalani sidang perdana dengan dua dakwaan melakukan kegiatan konspirasi dan kegiatan intelijen Rusia di AS. Ia diancam hukuman kurungan masing-masing 10 tahun dan lima tahun. (*)

Reporter :tempo.co
Editor : Edi Faisol
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Bangkai kapal Rusia pembawa emas ditemukan

Selanjutnya

Belasan orang tewas akibat kapal Duck Boat tenggelam di Missouri

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua