<
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Kabupaten- kota di Papua diminta berdayakan komoditas sagu dan kopi
  • Minggu, 22 Juli 2018 — 11:09
  • 521x views

Kabupaten- kota di Papua diminta berdayakan komoditas sagu dan kopi

Ilustrasi pengolahan sagu secara tradisional - Jubi.Dok
◕‿◕Dana desa yang dikucurkan ke Papua, dapat diarahkan pengelolaannya kepada seluruh kegiatan yang bisa menghasilkan pemasukan.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura,Jubi - Pemerintah Provinsi Papua meminta pemerintah kabupaten/kota untuk memanfaatkan komoditi lokal yang tumbuh subur di tanah Papua, seperti sagu dan kopi. Untuk selanjutnya dikelola sehingga bisa menghasilkan pendapatan bagi daerah dan masyarakat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Papua, John Way mengatakan wilayah pantai maupun pegunungan di Papua memiliki hasil bumi yang bisa dikelola menjadi produk unggulan, salah satunya kopi dan sagu.

"Dana desa yang dikucurkan ke Papua, dapat diarahkan pengelolaannya kepada seluruh kegiatan yang bisa menghasilkan pemasukan. Sebab jangan sampai masyarakat hanya tinggal menunggu bantuan sosial dari pemerintah saja. Ini kan tidak mendidik," kata Way kepada wartawan, di Jayapura, Sabtu (21/7/2018).

Selain kepala daerah, dirinya juga meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sesuai bidang tugasnya masing-masing.

“Kepala OPD harus serius mengelola sumber PAD pada masing-masing OPD-nya," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Robert Eddy Purwoko, mengatakan ke depan pihaknya akan lebih intens melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat, khususnya dalam mengelola sagu.  

Selain pelatihan, pihaknya juga berencana akan memberikan bantuan gergaji pohon bagi masyarakat, guna memaksimalkan pengolahan tanaman sagu di seluruh Papua.

Menurut dia, pemberian bantuan peralatan gergaji pohon di samping bertujuan meningkatkan hasil produksi tanaman sagu, tetapi untuk memaksimalkan pertumbuhan home industri di Papua.

“Industri kecil rumahan di Papua biasanya hanya memakai kapak untuk menebang pohon sagu. Makanya kami akan mulai bekali mereka dengan gergaji pohon supaya bisa memudahkan mereka dalam melakukan pengolahan sagu,” kata  Eddy. (*)

 

Reporter :Alexander Loen
Editor : Syam Terrajana
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Trada fasilitas, vaksin campak terpaksa direndam di kali

Selanjutnya

Ditemukan, tumpukan ribuan potong kayu di tengah hutan Nimbokrang

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua