<
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Presiden akan tinjau jalan Wamena – Habema, pengamanan diperketat
  • Senin, 08 Mei 2017 — 08:59
  • 1812x views

Presiden akan tinjau jalan Wamena – Habema, pengamanan diperketat

Pangdam Cenderawasih dan Kapolda Papua meninjau lokasi di Habema sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo - Jubi/FX Making

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meninjau pembangunan Jalan Wamena-Habema, Papua, sepanjang 46 km dari Wamena menggunakan jalur darat selama sekitar satu jam perjalanan pada Rabu (10/5/2017).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun di Jayapura, Minggu malam, mengatakan, Presiden yang didampingi Menteri PUPR Moch Basuki Hadimoeljono dan sejumlah menteri Kabinet Kerja akan menumpang kendaraan darat.

Ruas Jalan Wamena-Habema yang akan dikunjungi Presiden Jokowi itu baru diaspal sepanjang 37 km.

"Jalan tersebut nantinya akan menghubungkan Mbua-Mapduma, Kenyam- Batas Batu-Mumugu yang seluruhnya sepanjang 284 km," kata Oesman Marbun.

Ia mengakui dari 284 km yang sudah dapat dilalui adalah 164 km yaitu Wamena-Habema-Mbua sepanjang 90 km dan Kali Kenyam-Mumugu sepanjang sudah 74 km.

Pembangunan Jalan Wamena-Mumugu cukup berat karena selain hambatan geografis juga iklim yang terkadang ekstrem.

"Tercatat 55 jembatan dibangun dan membentang di atas ruas Jalan Wamena-Mumugu sepanjang 284 km," jelas Marbun seraya menambahkan, pembangunan ruas jalan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan TNI AD yakni Batalyon Zipur.

"Pembangunan jalan di Kabupaten Nduga sejak 2016 dikerjakan TANI AD," kata Oesman Marbun.

Keamanan diperketat
Satu hari sebelumnya, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Mayjen TNI Hinsa Siburian bersama Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafi Amar mengunjungi lokasi yang direncanakan menjadi tempat kunjugan Presiden Joko Widodo, pada 10 Mei di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Berdasarkan rilis yang diterima dari Kodim 1702/Jayawijaya, kunjungan itu dalam rangka penempatan personil untuk pengamanan Joko Widodo nanti.

"Wakasad bersama kapolda Papua serta rombongan meninjau lokasi yang akan dijadikan pusat peresmian jalan Wamena-Mumugu, memantau segi keamanannya, penempatan-penempatan pengaman," kata Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Lukas Sadipun dalam rilis.

Ia menambahkan bahwa pemantauan itu selain untuk penempatan pengamanan, juga untuk melihat lokasi Helipad untuk penjemputan Presiden kembali ke Wamena.

"Kunjungan wakasad dan kapolda juga dihadiri Kabinda Papua Brigjen TNI Gustav Agus Irianto, Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon R Banua," katanya.

Menurut dia, rombongan menuju Danau Habema atau lokasi peresmian jalan Wamena-Mumugu dengan jalur darat menggunakan mobil.

"Dalam rangka kunjungan Presiden, sudah banyak sekali pimpinan komando atas yang meninjau lokasi peresmian tersebut," katanya.

Perjalanan darat dari Ibu Kota Jayawijaya menuju lokasi peresmian, kata dia, sejauh empat puluh tujuh kilometer.

"Untuk itu diperlukan pengamanan extra pada saat kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut," katanya. (*)

Reporter :ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Alumni SPK Nabire diminta tingkatkan pelayanan

Selanjutnya

Anggota Satpol PP ditempatkan di RSUD Wamena

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua