<
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pemerintah Yahukimo salurkan dana desa tahap I
  • Kamis, 24 Agustus 2017 — 20:11
  • 1666x views

Pemerintah Yahukimo salurkan dana desa tahap I

Kepala Kampung Yanggalim Sepanya Webi saat terima dana desa tahap pertama, tahun anggaran 2017. – Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Yahukimo, Jubi - Pemerintah Kabupaten Yahukimo melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) bekerjasama dengan Bank Papua Cabang Dekai telah menyalurkan Dana Desa, yang bersumber dari Pemerintah pusat, kepada masyarakat di 510 kampung.

Bupati Yahukimo Abock Busup, MA, mengatakan pihaknya telah menyalurkan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2017 sebesar Rp229.500.000.000,00 atau 60 persen.

“Dan untuk 7 kampung, (anggaran) diambil dari ABPD Yahukimo supaya jangan lagi ada konflik antara kampung,” kata Abock di Dekai, Kamis (24/8/2017).

“Dana kampung tahap pertama kami cairkan di Dekai melalui Bank Papua Cabang Dekai sebesar 60 persen, sedangkan untuk pencairan tahap dua yakni 40 persennya akan diantar ke kampung masing-masing,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, penyaluran dana tahap pertama sengaja dilakukan di ibu kota Dekai dengan pertimbangan cuaca dan biaya transportasi. “Ada dua pertimbangan, pertama faktor cuaca yang bulan ini curah hujan tinggi. Kedua setelah terima dana desa, mereka bisa belanja alat bangunan di Dekai. Tetapi, untuk tahap kedua akan kami antar langsung  ke distrik masing-masing karena anggaran saya sudah siapkan” jelasnya.

Kepala BPMK Yahukimo Steven Wonda mengatakan dana desa sudah mulai dibagikan sejak 17 Agustus lalu dan dijadwalkan rampung pada 28 Agustus nanti.

Ia menegaskan, tidak ada pemotongan biaya apapun dalam penyaluran dana desa ini. “Tidak ada pemotongan apapun, kami salurkan seutuhnya kepada kepala kampung masing-masing,” ucapnya.

Kepala Kampung Yanggalim Sepanya Webi mengatakan pihaknya akan membangun balai kampung dan membantu biaya pendidikan anak-anak sekolah. Dan melanjutkan pembangunan dari tahap sebelumnya.

"Dana desa sebelumnya yang kami terima sudah ada bangun berapa gedung dan yang masih ada yang harus dilengkapi, jadi kami akan melengkapi dari dana desa sekarang," ucapnya. (*)

Reporter :Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Buntut kejadian di Ibele, warga dan polisi jalani proses hukum

Selanjutnya

APBD perubahan Jayawijaya Rp 1,5 triliun

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua