<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Masyarakat Jayapura akan ‘rame-rame’ antar miras ke pelabuhan 
  • Rabu, 06 September 2017 — 15:38
  • 780x views

Masyarakat Jayapura akan ‘rame-rame’ antar miras ke pelabuhan 

Ribuan kaleng miras yang disita Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu – Jubi/Engel

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, memastikan tanggal 12 September mendatang semua pihak akan bersama-sama mengantar minuman keras (miras) dalam satu unit kontainer ke pelabuhan Jayapura untuk dikembalikan ke tempat asal pengiriman miras tersebut menggunakan jasa kapal laut.

"Semua pihak akan bersama-sama mengantar miras yang kita sita ini ke pelabuhan. Sebelumnya dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama bahwa miras sudah tidak bisa lagi beredar di daerah ini," jelas Bupati Mathius, saat ditemui di Sentani, Rabu (6/9/2017).

Diakui pihaknya juga mengalami kendala untuk memusnahkan miras yang telah tinggal selama sebulan penuh di halaman Kantor Bupati Jayapura ini. Pasalnya, penyitaan yang dilakukan di gudang penyimpanan sementara, izin pergudangan yang dimiliki pihak ketiga ini masih berlaku.

"Ini kekurangan kita juga bahwa izin pergudangan yang dimiliki masih berlaku, sementara tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan adalah membayar pajak dan retribusi tidak dilakukan oleh pihak ketiga dan itu menjadi kewenangan kita untuk mencabut dan menutup gudang tersebut. Kita berharap agar miras yang diantar ini harus tiba di tempat asalnya dan tidak lagi kembali ke sini," ungkapnya.

Deniks Felle, Ketua Forum Kota, mengatakan kelemahan Pemerintah Daerah dalam menetapkan Peraturan Daerah (Perda) adalah tidak melarang tetapi mengatur sistem peredarannya.

"Aturan yang ditetapkan ini masih memiliki celah sehingga pihak-pihak tertentu dapat memanfaatkan peluang ini menjadikan bisnis yang meraup keutungan pribadi. Memang Perda yang dibuat ini hanya untuk mengatur artinya miras hanya bisa dijualbelikan di tempat-tempat tertentu seperti hotel bintang empat dan lima. Ke depan kalau Perda ini bisa direvisi maka akan lebih kuat lagi," ujarnya. (*)

 

Reporter :Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pimpinan Dewan tak penuhi kuorum, sidang paripurna IV ditunda 

Selanjutnya

Sidang Paripurna dilanjutkan, laporan Badan Anggaran 

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua