<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Menjelang PON XX tempat wisata harus diperhatikan 
  • Minggu, 17 September 2017 — 15:50
  • 540x views

Menjelang PON XX tempat wisata harus diperhatikan 

Salah satu sudut pemandangan danau  Sentani, kampung Doyo Lama, ketika dilihat dari ketinggian bukit Teletubbis - Jubi/Engel Wally  

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Sejumlah anggota masyarakat di Kabupaten Jayapura minta agar tempat-tempat wisata harus diperhatikan dengan serius oleh Pemerintah Daerah menjelang pelaksanaan Pekan Oahraga Nasional (PON) tahun 2020 nanti.

Yordan Yappo, salah seorang tokoh pemuda di Sentani, mengatakan PON 2020 adalah yang pertama kali digelar di Papua. Ada banyak dampak yang akan diterima masyarakat lokal, secara khusus bidang ekonomi.

"Banyak sekali tempat-tempat wisata di daerah ini seperti lahan tidur yang tidak diperhatikan Pemerintah Daerah. Bagaimana kita mau menyambut PON, sementara infrastrukturnya belum dibangun dengan baik, khusus di bidang pariwisata," kata Yappo, saat ditemui di Sentani, Minggu (17/9/2017).

Disebutkan, MC Arthur, Gunung Teletubbis, Pantai Amai, Tablanusu, Danau Sentani, Situs Tutari, Tanki minyak besar perang dunia II di Depapre, dan masih banyak lagi tempat wisata yang hingga saat ini terbengkalai tanpa perhatian serius.

Menurutnya, tempat-tempat wisata ini letaknya tidak begitu jauh dengan pemukiman warga sehingga pemerintah bisa melibatkan masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga dan mengelola tempat- tempat tersebut.

"Yang ditakutkan ketika tamu dari luar sudah datang, kita kehilangan momentum penting ini. Jangan sampai untuk memberikan oleh-oleh atau buah tangan dipesan dari luar Papua sehingga tidak meninggalkan kesan bagi tamu dan duta-duta olahraga yang berkunjung ke sini," ungkapnya.

Senada dengan apa yang disampaika Yordan Yappo, seniman muda kabupaten Jayapura, Yosua Yanrona, mengatakan semua komponen masyarakat menjelang pelaksanaan PON XX harus saling bergandengan tangan. 

"Pariwisata tentu tidak terlepas juga dengan aksesoris kebudayaan yang menjadi ciri khas kita di Papua. Oleh sebab itu, segala sesuatu menyangkut kunjungan tamu-tamu dari luar harus dipersiapkan dengan baik dan lebih awal. Karena dari kegiatan besar ini ada nilai dan peningkatan ekonomi yang akan dirasakan oleh kita semua sebagai masyarakat di bumi Khena Mbay Umbay," pungkasnya. (*) 

 

Reporter :Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Panen raya, harga jeruk Arso turun

Selanjutnya

Tokoh masyarakat: Daerah ini harus bebas dari minuman beralkohol

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua