<
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Papua siap jadi gerbang perekonomian wilayah timur
  • Selasa, 19 September 2017 — 18:56
  • 966x views

Papua siap jadi gerbang perekonomian wilayah timur

Suasana Rapat Forum Konsultasi Regional PDRB se- Sulawasi, Maluku dan Papua (SULAMPUA) - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Provinsi Papua siap menjadi pintu gerbang perekonomian di wilayah Timur Indonesia, sebagai upaya memacu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen. Ia mengatakan keinginan Papua untuk berkembang bukan isapan jempol belaka, pasalnya hingga saat ini pertumbuhan perekonomian Papua mencapai 9,2 persen di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Untuk wujudkan Papua sebagai gerbang perekonomian harus mendapat perhatian dan pembahasan dari semua pihak. Khususnya bagaimana mengakses ekonomi lewat Papua ke negara tetangga dapat berjalan dengan baik," kata Hery dalam rapat Forum Konsultasi Regional PDRB se- Sulawasi, Maluku dan Papua (SULAMPUA), di Jayapura, Selasa (19/9/2017).

Kesiapan Papua dapat dilihat dengan keberadaan Bandar Udara Internasional Frans Kaisiepo yang dapat mengakses penerbangan ke negara-negara pasifik. Namun karena kepentingan politik akhirnya ditutup.

Selain itu, kata dia, Provinsi Papua berupaya membuka penerbangan dari Jayapura ke Port Moresby, namun sampai saat ini tidak berjalan dengan baik.

"Saya harap melalui pertemuan ini ada konstribusi positif yang terakumulasi dalam satu rekomendasi, bagaimana meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kehidupan masyarakat di wilayah Timur," ujarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Papua, Suhariyanto, mengharapkan forum Konsultasi Regional PDRB se-Sulawesi, Maluku dan Papua mampu memberi gambaran fokus membangunan di Kawasan Timur Indonesia.

"Ini merupakan forum penting karena bertujuan mendiskusikan kewilayahan serta keterpaduan antara pembangunan nasional dan daerah," kata Suhariyanto.

Menurutnya, salah satu hal yang menjadi apresiasi untuk wilayah SULAMPUA, adanya peningkatan perekonomian yang telah mengalami peningkatan cukup baik, yang mana semester pertama mencapai 5,78 persen meningkat menjadi 5,7 persen pada semester pertama 2017.

"Hal ini karena adanya berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah, dalam memberi perhatian serius terhadap perekonomian," ujarnya. (*)

Reporter :Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemprov akan tindaklanjuti penahanan Bupati Biak

Selanjutnya

Pemprov Papua minta anggota dewan jalur Otsus sabar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua