<
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kehadiran 14 dewan Otsus akan melengkapi parlemen Papua
  • Rabu, 20 September 2017 — 17:53
  • 1341x views

Kehadiran 14 dewan Otsus akan melengkapi parlemen Papua

Perwakilan 14 kursi ketika bertemu anggota DPR Papua, Ruben Magai, Senin (18/9/2017) - Jubi/Arjuna

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi -Pengangkatan 14 kursi wakil rakyat dari otonomi khusus (Otsus) di parlemen Papua akan melengkapi keistimewaan lembaga itu. Keberadaan wakil rakyat yang dipilih dari pengangkatan itu sesuai  pasal 6 dalam undang-undang nomor 21 tahun 2001, tentang Otsus Papua.

“Itu juga mengacu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa tahun lalu. Ini prestasi dari sisi politik, karena seharusnya itu dilakukan sejak 2010,” kata John Gobai, salah satu calon terpilih legislator Papua melalui pengangkatan 14 kursi atau kursi Otsus, Rabu (20/9/2017).

Ia menjelaskan kehadiran ke 14 wakil rakyat di DPR Papua sebagai legitimasi keistimewaan sesuai dalam Undang-Undang Otsus. Kepastian pelantikan 14 kursi yang sebelumnya disampaikan oleh Ketua DPR Papua, Yunus Wonda belum lama ini.

John menyatakan terimakasih karena selama ini Yunus telah memperjuangkan. “Dan saya sudah bertemu beliau,” katanya.

Menurut John,  ada tiga agenda tahapan yang harus dilakukan DPR Papua sebelum pelantikan 14 calon terpilih dari kursi Otsus. Tiga agenda itu meliputi kepastian pelaksanaan APBD perubahan, pengesahan tata tertib dewan, dan roling komisi.

"Setelah semua ini dilakukan, kemudian pelantikan anggota 14 kursi. Berarti sudah jelas pelantikan kami sudah dekat,” katanya.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyatakan, proses pelantikan 14 anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan pasti akan dilakukan karena SK-nya sudah ada.

"Selama ini pelantikan belum dilaksanakan lantaran terbentur anggaran perubahan dan tata tertib (tatib) dewan,” kata Yunus.

Menurut dia, ada beberapa pembahasan yang harus dilaksanakan sebelum calon anggota DPR Papua terpilih 14 kursi dilantik. “Di antaranya terkait keuangan atau anggaran," kata Yunus menambahkan.

Ia memastikan tak seorang pun anggota parlemen Papua yang alergi dengan 14 kursi baru nanti, karena calon terpilih semua adalah anak asli Papua. Yunus menjelaskan jika semua selesai sesuai jadwal pasti akan digelar pelantikan.

“Yang ditunggu lama inikan APBD perubahan dan baru hari ini kami sepakat dan bisa dilaksanakan,” katanya.  (*)

Reporter :Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Ada KPK di Papua, hati-hati kelola uang rakyat

Selanjutnya

Dewan didesak selesaikan masalah pertambangan emas di Meepago

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua