Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Video
  3. Story Map : Enam pelanggaran lingkungan yang dilakukan Freeport
  • Sabtu, 02 Juni 2018 — 08:45
  • 1578x views

Story Map : Enam pelanggaran lingkungan yang dilakukan Freeport

Produksi : JUBI
Uploader : Kyoshi Rasiey
Editor :

Video Terkait

PR NEWS WIRE

Jayapura, Jubi - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan pada pelaksanaan Kontrak Karya  PT. Freeport Indonesia tahun 2013-2015. Selama dua tahun ini BPK menemukan potensi kerugian negara mencapai 185 triliun lebih akibat enam pelanggaran ini.

Nilai kerugian ini ditemukan dari operasi pembuangan limbah tailing tiga wilayah terdampak, yaitu "Modified Ajkwa Deposition Area" (ModADA) dengan nilai ekosistem yang dikorbankan mencapai Rp10,7 triliun, estuari (Rp8,2 triliun), dan laut (Rp166 triliun). Pemeriksaan yang dilakukan BPK ini juga menyimpulkan bahwa Freeport Indonesia telah menimbulkan perubahan ekosistem akibat pembuangan limbah operasional penambangan di sungai, hutan, estuari, dan bahkan telah mencapai kawasan laut.

Temuan BPK ini sesuai dengan Laporan Hasil Pemeriksaan Nomor 6 yang dirilis 27 April 2017 mengenai pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) atas kontrak karya PTFI tahun anggaran 2013 sampai dengan 2015 kepada Kementerian ESDM, Kementerian LHK, dan instansi lain.

Dari dokumen yang diterima Jubi, BPK menemukan enam pelanggaran lingkungan yang menjadi faktor utama kerugian negara tersebut.

Temuan BPK ini dibantah oleh Vice President Corporate Communication Freeport Indonesia Riza Pratama. Kepada detik.com, akhir Maret lalu Riza membantah klaim BPK tentang penggunaan kawasan hutan lindung 4.535 hektare tanpa izin pinjam. Pasalnya, dengan topografi lokasi tambang Freeport Indonesia yang berada di ketinggian 3.000-4.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) tidak mungkin ditumbuhi vegetasi.

"Kalau dibilang hutan lindung nggak ada. Tanahnya Freeport seperti itu karena berada di ketinggian," ujar Riza saat itu.

#Kerusakan Lingkungan

#PT. Freeport

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat