DI WAMENA, DUBES AMERIKA SERIKAT MAMPIR DI KLINIK KALVARI

share on:
Dubes AS, Robert Blake bersama Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo usai pertemuan. (Jubi/Islami)
Dubes AS, Robert Blake bersama Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo usai pertemuan. (Jubi/Islami)

Wamena, 11/6 (Jubi) – Menggunakan Pesawat pribadi duta besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O. Blake, Rabu (11/6) tiba Kabupaten Jayawijaya.

Dalam lawatannya di Kota Wamena, rombongan Dubes AS langsung melakukan kunjungan ke Klinik Kalvari, Wamena, setelah itu melakukan pertemuan dengan Bupati Kabupaten Jayawijaya, Wempi Wetipo dan juga pemerintah Kabupaten Paniai di ruang rapat bupati.

Usai pertemuan yang digelar tertutup, Dubes AS, Robert O. Blake mengemukakan, pihaknya menyempatkan diri datang ke Klinik Kalvari sebagai wujud dukungan AS dalam program USAID Indonesia-Papua dan Papua Barat dalam pemberantasan HIV-AIDS.

Pertama-tama saya datang berkunjung ke Jayawijaya ini karena ingin datang ke Klinik Kalvari, di mana program yang dilakukan di klinik itu sangat kami dukung,” ujar Blake kepada wartawan.

Dalam pertemuan itu, dibicarakan tentang kerja-kerja maupun program yang telah dilakukan baik di Jayawijaya maupun Paniai terutama dalam hal penanggulangan HIV-AIDS di masing-masing daerah.

Memang ada beberapa hal yang harus kita lakukan, pertama-tama mendorong agar pemerintah yang berwenang bekerjasama dengan pihak LSM dan kelompok agama untuk bisa meningkatkan kesadaran masyarkat dengan melakukan sosialisasi guna menurunkan angka HIV-AIDS,” katanya.

Dijelaskan, dalam kerjasama pemerintah dan berbagai komponen itu dapat menjelaskan kepada pekerja seks komersial (PSK) dan orang-orang yang menggunakan jasa PSK akan pentingnya Kondom.

Ditegaskan pula, kerjasama antara pemerintah, LSM, pihak agama ini sangat penting dalam meningkatkan layanan kesehatan sehingga orang-orang bisa mendapatkan pengobatan.

Saya setuju bahwa persoalan dan masalah HIV-AIDS ini sangat banyak, namun ada juga harapan bagaimana kita bisa mengobati penyakit itu dan bisa menurunkan angkanya,” kata Blake.

Namun untuk menuju ke arah itu, lanjut Blake, harus ada pendekatan secara komperhesif untuk mencapai tujuan itu misalnya pendekatan berbasis masyarakat adat.

Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo menjelaskan, pihak Dubes AS datang ke Wamena guna memberi dukungan secara teknis dan juga dukungan finansial untuk penanggulangan HIV-AIDS di wilayah itu , agar upaya menekan angka HIV-AIDS ini terus menerus dilakukan.

Menurut Wempi, kedatangan tim Dubes AS ingin melihat juga kira-kira kendala apa yang dihadapi warga dan pemda di wilayah pegunungan tengah Papua ini, lebih khusus di Kabupaten Jayawijaya untuk penanganan kesehatan, dan juga pendidikan.

“Saya berharap, kunjungan ini membawa manfaat bagi masyarakat Jayawijaya supaya ke depan harus lebih baik,” tegas Wempi. (Jubi/Islami)


Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DI WAMENA, DUBES AMERIKA SERIKAT MAMPIR DI  KLINIK KALVARI