HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Antisipasi kesulitan pangan, masyarakat Maybrat diminta bertani

Bupati Maybrat, Bernard Sagrim, dalam sebuah acara adat – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Maybrat, Jubi – Bupati Maybrat, Bernard Sagrim, mengharapkan masyarakat meningkatkan produksi pertanian lokal untuk antisipasi krisis pangan sebagai dampak pandemi virus corona baru (COVID-19) yang saat ini melanda Indonesia.

“Saya sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat di kampung-kampung agar tingkatkan produksi pertanian lokal, terutama sayur-sayuran dan umbi-umbian, mengantisipasi kesulitan besar dan kebutuhan pokok lainnya di tengah situasi wabah virus corona,” kata dia di Maybrat, Rabu (1/4/2020).

Dia mengatakan pembatasan akses masuk Kabupaten Maybrat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona dipastikan membuat masyarakat kesulitan mendapat kebutuhan pokok, terutama beras dan makanan siap saji, seperti mie instan.

Ia menjelaskan sejak dahulu masyarakat Maybrat tidak diajarkan untuk bergantung hidup pada beras dan makanan siap saji karena tanah di daerah itu subur.

Kesuburan tanah di daerah itu, katanya, membuat masyarakat menggantungkan kehidupan pada hasil pertanian lokal.

“Kami masyarakat Maybrat sejak dulu hidup dengan hasil pertanian lokal, terutama umbi-umbian seperti keladi, petatas, kasbi, dan labu, dan itulah budaya sesungguhnya masyarakat Maybrat,” ujarnya.

Loading...
;

Di tengah-tengah situasi pandemi virus corona saat ini, Pemerintah Kabupaten Maybrat membatasi mobilitas orang maupun barang.

Hal itu, kata dia, tentunya akan berdampak terhadap perekonomian, terutama ketersediaan makanan-makanan instan dan beras yang berasal dari luar daerah.

Oleh karena itu, Bernard Sagrim mengajak masyarakat setempat kembali mengutamakan budaya lokal bercocok tanam dan meningkatkan produksi umbi-umbian sehingga kebutuhan pangan tetap terpenuhi di tengah pandemi virus corona jenis baru tersebut.

“Situasi tanggap wabah virus corona saat ini, saya berharap masyarakat tidak keluar daerah tetapi pergi ke kebun untuk meningkatkan produksi pertanian umbi-umbian dan sayur,” kata dia. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Bupati Maybrat, Bernard Sagrim, dalam sebuah acara adat – Jubi/IST

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Sorry. No data so far.

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)