Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Longsor kembali tutup akses Kurima-Wamena
  • Jumat, 21 Oktober 2016 — 13:06
  • 1277x views

Longsor kembali tutup akses Kurima-Wamena

“Kita lihat kondisi di wilayah longsor ini, memang jalan ini adalah tanggungjawab APBN dalam hal ini tentu Balai PU. Tetapi kita lihat yang menjadi korban masyarakat kita sehingga harus mengambil tindakan dan bertanggungjawab,” ungkap Jhon Banua saat meninjau lokasi longsor.
Wakil Bupati Jayawijaya saat meninjau langsung longsor yang terjadi dan menutupi ruas Jalan penghubung Wamena Kota - Kurima - Jubi/islami Adisubrata
Islami Adisubrata
Editor : Kyoshi Rasiey

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Wamena, Jubi – Longsor kembali terjadi di lokasi tanah longsor yang merupakan perbatasan antara Distrik Asotipo dan Asolokobal sejak Kamis (13/10/2016) malam. Akibatnya akses jalan dari Wamena ke Kurima tertutup timbunan material dari gunung.

Dari kejadian itu, sejak Jumat (14/10/2016) hingga Selasa (18/10/2016) siang, aktivitas masyarakat terganggu baik dari arah Kurima dan Distrik Asotipo serta dari arah Kota Wamena menuju Kurima.

Buenos Asso warga masyarakat setempat mengungkapkan bahwa kejadian terputusnya jalan akibat longsor serta material yang menutupi badan jalan telah terjadi pada Kamis (13/10/2016) malam pekan lalu.

“Minggu kemarin tepatnya hari Jumat, hujan mulai pelan-pelan kikis gunung yang tadinya memang sudah ada longsor, dan awal minggu ini baru masyarakat dan kendaraan tidak bisa lewat sama sekali,” kata Buenos kepada wartawan di lokasi longsor, Kamis (20/10/2016).

Dijelaskannya, untuk aktivitas masyarakat ke Pasar dan Kota Wamena terpaksa harus mengganti mobil atau kendaraan taxi, karena jalan yang biasanya dilalui kendaraan roda empat sudah tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Sementara mobil tunggu kering betul baru bisa lewat, karena kalau belum kering betul dia tertanam dan tanah ini seperti semen dan kalau dipaksa hanya  alat berat yang bisa angkat,” kata Buenos.

Mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai terjadinya longsor dilokasi itu, Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua dan  dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayawijaya langsung meninjau lokasi tersebut sekaligus menurunkan alat berat.

“Kita lihat kondisi di wilayah longsor ini, memang jalan ini adalah tanggungjawab APBN dalam hal ini tentu Balai PU. Tetapi kita lihat yang menjadi korban masyarakat kita sehingga harus mengambil tindakan dan bertanggungjawab. Kita ambil langkah membuka secara darurat dulu, agar kendaraan antara ke kota dan beberapa distrik disini bisa berjalan,” ungkap Jhon Banua saat meninjau lokasi longsor.

Wabup Jayawijaya menambahkan, pembukaan jalan secara darurat sangat penting karena jalan tersebut selain menjangkau distrik-distrik di Kabupaten Jayawijaya, jalan itu juga menjangkau lima distrik di Kabupaten Yahukimo.

Dirinya menambahkan, dalam waktu dekat pemda akan melaporkan kejadian ini ke Balai PU agar bisa menindaklanjuti perbaikan atau pengatasan longsor tersebut. (*)

loading...

Sebelumnya

Kontrol Harga BBM, Pemda Yahukimo akan terbitkan peraturan bupati

Selanjutnya

Boeing masuk Yahukimo, pemerintah komit permudah administrasi bangun daerah

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23365x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19094x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15619x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12620x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe