Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kisruh Hanura, skenario membungkam kasus Paniai?
  • Minggu, 23 Oktober 2016 — 18:19
  • 1896x views

Kisruh Hanura, skenario membungkam kasus Paniai?

Sementara Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai mengatakan, peristiwa Paniai telah mendunia dan menjadi memori buruk bangsa Melanesia di Papua. Hingga kini pemerintah seakan menutupi pelaku penembakan Paniai.
Ilustrasi demo tuntutan penuntasan kasus Paniai di DPR Papua beberapa waktu lalu - Jubi/Arjuna
Arjuna Pademme
Editor : Kyoshi Rasiey

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, Laurenzus Kadepa khawatir kisruh kepengurusan DPD Hanura Papua yang berujung pada terpilihnya Bupati Paniai, Hengky Kayame sebagai Ketua DPD Hanura Papua secara aklamasi melalui Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) di Bogor, Jawar Barat pekan lalu merupakan skenario untuk membungkam atau menutupi penuntasan kasus Paniai berdarah.

Meski memberikan selamat terhadap terpilihnya Hengky Kayame memimpin DPD Hanura Papua, namun disatu sisi, ia khawatir ada skenario besar dibalik itu. Apalagi Menkopolhukam, Wiranto yang juga Ketua Umum DPP Hanura disebut-sebut merestui kepengurusan DPD Hanura Papua dibawah pimpinan Hengky Kayame.

"Saya mengkhawatirkan itu. Disayangkan kalau ini merupakan skenario membungkam penuntasan kasus Paniai berdarah. Hingga kini tidak ada kejelasan penyelesaian, seperti apa yang diinginkan keluarga korban. Begitu juga upaya mewujudkan penyelesaian berbagai kasus dugaan pelanggaran HAM di Papua dengan cara mufakat seperti keinginan Menkopolhukam," kata Laurenzus Kadepa ketika menghubungi Jubi via teleponnya, Minggu (23/10/2016).

Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM itu mempertanyakan apakah dengan statusnya sebagai Ketua DPD Hanura Papua, Kayame mampu mendorong penuntasan kasus Paniai berdarah melalui Menkopolhukam. Padahal lanjut dia, ini jabatan strategis jika bisa dimanfaatkan dengan dengan baik untuk kepentingan masyarakat luas, terutama mendorong penuntasan tragedi Paniai berdarah, 8 Desember 2014 yang penanganannya makin tidak jelas.

"Dengan posisi sebagai Ketua DPD Hanura Papua, Hengky Kayame bisa mendorong penuntasan kasus Paniai berdarah agar memenuhi hak keluarga korban mendapat keadilan hukum. Apalagi Hengky Kayame pernah menyatakan akan melepas garuda jika kasus Paniai tak tuntas," ucapnya.

Sementara Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai mengatakan, peristiwa Paniai telah mendunia dan menjadi memori buruk bangsa Melanesia di Papua. Hingga kini pemerintah seakan menutupi pelaku penembakan Paniai.

"Kasus Paniai ini letak kesalahannya ada pada pemerintah. Sepanjang pemerintah menutup-nutupi pelaku khususnya terkait hasil penyelidikan institusi TNI dan Polri, maka masyarakat tetap menolak siapapun yang melakukan penyelidikan," kata Natalius Pigai.

Menurutnya, selama ini hampir semua hasil penyelidikan HAM berat yang dilakukan oleh Komnas HAM tidak memiliki bukti kuat termasuk kasus Wamena dan Wasior. Jika dibawah ke pengadilan, pelakunya pasti dibebaskan.

"Kasus Paniai tidak mau mengalami hal yang sama. Saya ingin pelaku kasus Paniai dihukum berat sesuai UU 26 tahun 2000 bahkan terancam hukuman mati. Kami apresiasi rakyat Paniai yang konsisten minta TNI dan Polri mengumumkan pelakunya," ucapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kelompok Cipayung minta kebijakan Jokowi untuk Papua dievaluasi

Selanjutnya

Apedius Mote klaim kantongi rekomendasi sah PKPI

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23357x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19088x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15619x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12618x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe