Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemegang kartu nelayan dijamin bisa cairkan klaim asuransi
  • Jumat, 17 November 2017 — 15:53
  • 2150x views

Pemegang kartu nelayan dijamin bisa cairkan klaim asuransi

Pemprov Papua siap membantu akses klaim pembayaran bagi nelayan.
Ilustrasi nelayan - IST
Alexander Loen
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua menjamin para nelayan pemegang kartu nelayan bisa mengklaim asuransi, baik untuk biaya kesehatan maupun kematian. Pemprov Papua siap membantu akses klaim pembayaran bagi nelayan.

“Asalkan para nelayan juga melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan saat pengajuan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, F.X. Mote, di Jayapura, Jumat (17/11/2017).

Ia menyebutkan sejumlah klaim biaya perawatan itu bisa dicairkan dengan memenuhi aturan. "Untuk klaim biaya pengobatan karena sakit tentu wajib ada surat dokter. Pengajuan tentu disampaikan kepada kami di dinas kelautan,” kata Mote menambahkan.

Dinas kelautan dan perikanan Papua menjamin akan membantu proses pencairan klaim ke Jasindo. Menurut dia, nilai premi yang diterima nelayan mencapai Rp 200 juta jika meninggal saat melaut, dan Rp 160 juta meninggal saat tidak melaut, sedangkan cacat permanen Rp 100 juta dan sakit Rp 20 juta. Namun Mote menegaskan agar bisa tercover sebagai pemegang polis asuransi, nelayan wajib membayar uang bulanan senilai Rp 175 ribu.

"Makanya, kami selalu ingatkan nelayan membayar kewajiban bulanan dan jangan menunggak," kata Mote menjelaskan.

Mote mengimbau nelayan Papua yang belum punya kartu nelayan agar segera mengurus, syaratnya cenderung mudah. Hanya membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau surat pengantar dari TR/RW.

"Kalau semua berkas sudah ada, silahkan membawa semua itu ke kantor Dinas Perikanan," katanya.

Kepala Seksi Perikanan Tangkap, DKP Papua, Agus Rahmawan, menyebutkan kartu nelayan juga bisa digunakan membeli bahan bakar minyak di stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) yang ada di beberapa titik di Kota Jayapura.

"Ini tentu menjadi perhatian bagi nelayan yang belum memiliki kartu nelayan agar segera mengurus kartu, sehingga memudahkan mengakses berbagai hal, di antaranya membeli BBM," kata Agus. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Sejumlah daerah ini diminta genjot produksi beras

Selanjutnya

Papua bakal tegas menghukum pegawainya

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34453x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23131x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19012x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe