Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Politik Pasifik sepanjang 2017, Perjalanan penuh gejolak menuju stabilitas (Bagian 2)
  • Senin, 25 Desember 2017 — 13:25
  • 2997x views

Politik Pasifik sepanjang 2017, Perjalanan penuh gejolak menuju stabilitas (Bagian 2)

Banyak dinamika politik negara-negara Pasifik selama kurun 2017, harapan dan tatangan menunggu negara itu pada tahun depan.
Hilda Heine, Presiden Kepulauan Marshall, berbicara pada Sidang Umum ke-71 Majelis Umum PBB di markas besar PBB di New York pada 22 September 2016. - RNZI/ Dominick Reuter / AFP
Zely Ariane
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Rabu, 19 Desember 2018 | 06:43 WP
Features |
Selasa, 18 Desember 2018 | 16:32 WP
Features |
Senin, 17 Desember 2018 | 13:10 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Vanuatu

Pemerintahan Perdana Menteri Charlot Salwai tetap bertahan kuat, setelah naik kuasa di awal 2016 dan mengalami krisis separuh dari pemerintah sebelumnya.  Koalisi Salwai juga bertahan teguh, dengan telak mengalahkan dua percobaan mosi tidak percaya, di antaranya yang terbaru terjadi sekitar seminggu lalu.

Dengan masa pemerintahan hampir dua tahun, Salwai sekarang resmi menjadi PM Vanuatu dengan masa pemerintahan terlama sejak pemerintahan Ham Lini pada tahun 2004-2008. Koalisinya bermarkas di sekitar partai pimpinannya sendiri Reunification of Movements for Change dan dua partai besar lainnya, Vanua'aku Pati dibawah Joe Natuman dan Graon mo Jastis Pati yang dikepalai Ralph Regenvanu yang sangat berpengaruh.

Ujian terbesar bagi pemerintah itu akan datang pada 2018 saat mereka berupaya terus mendorong berbagai reformasi yang telah mereka janjikan,  termasuk kebijakan pajak  yang sering dikritisi.  Tantangan  lain tahun depan Wakil Perdana Menteri Joe Natuman, yang akan menghadapi pengadilan di awal tahun, karena perannya dalam persidangan konspirasi yang sedang berlangsung.

Kepulauan Marshall

Presiden Kepulauan Marshall, Hilda Heine telah menjadi pemimpin yang paling aktif bagi negaranya. Hilda menjadi salah satu pemimpin negara Pasifik yang sangat aktif dalam forum internasional dengan wacana perubahan iklim dan hak asasi manusia di Papua Barat (Papua).

Meski diakui di kampung halamannya masih bergulat dengan kemiskinan, dampak perubahan iklim dan warisan dari pengujian senjata nuklir Amerika. Namun dalam sebuah berita yang menyedihkan, dua mantan menteri kabinet Kepulauan Marshall meninggal tahun ini yakni  Mattlan Zackhras dan Tony de Brum yang gigih berperan sebagai duta besar global untuk perubahan iklim dan pelucutan senjata nuklir , Marshal tetap diakui sebagai pembawa obor untuk kepentingan-kepentingan besar Pasifik.

Polinesia Perancis

Sejak keputusan Forum Kepulauan Pasifik pada tahun 2016 memberikan keanggotaan penuh  kepada dua wilayah Prancis di Pasifik dalam forum tersebut, Presiden Polinesia Perancis Edouard Fritch telah semakin aktif dalam forum regional. Namun upayanya mengintegrasikan Prancis ke dalam urusan regional Pasifik adalah upaya yang terpisah untuk mengubah dan memperbaiki masalah dalam negeri di Tahiti yang sedang berkembang.

Pengangguran dan kekurangan layanan pendidikan dan kesehatan maish menjadi masalah di negara itu . Presiden Fritch sendiri menghadapi  masalahnya dan harus diadili di peradilan pidana karena tuduhan penyalahgunaan dana umum. Fakta itu menunjukkan betapa dia mengikuti jejak mantan mentornya, Mantan Presiden Gaston Flosse, meski sekarang berusa 86 tahun dan menghadapi serangkaian  dugaan dan tuduhan korupsi.

Anehnya masih tetap kekeh  berusaha kembali ke dunia politik negara dan akan maju sebagai kandidat pada pemilihan presiden tahun depan.

Kepuluaun Solomon

Setelah tiga tahun memimpin pemerintahan, Manasseh Sogavare digulingkan sebagai Perdana Menteri Kepulauan Solomon dengan mosi tidak percaya pada bulan November, saat sejumlah anggota kabinetnya membelot ke pihak oposisi.

Namun, ketika tiba saatnya pemilihan perdana menteri yang baru, anggota blok oposisi bergabung dengan Sogavare dan mantan administrasinya membentuk pemerintahan baru di bawah Rick Hou, membiarkan para pembelot tetap bergabung dalam blok oposisi.

Sebagai Wakil PM dan Menteri Keuangan, Sogavare tetap menjadi tokoh berpengaruh menjelang pemilihan umum tahun depan. Sementara itu, setelah 14 tahun Misi Bantuan Regional Regional Assistance Mission, misi pembangunan yang dipimpin Australia sejak tahun 2003 ketika negara tersebut hampir runtuh, akhirnya resmi meninggalkan Solomon  tahun ini.

Papua Barat (Papua)

Internasionalisasi perjuangan penentuan nasib sendiri Papua Barat terus menarik perhatian di tingkat PBB. Beberapa pemimpin negara-negara Kepulauan Pasifik, terutama Pemimpin Kepulauan Solomon saat itu Manasseh Sogavare dan PM Charlot Salwai dari Vanuatu, menyatakan  kekhawatiran negara mereka tentang pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Papua di Indonesia. Masyarakat sipil Pasifik juga terus memainkan peran utama dalam advokasi untuk Papua Barat.

Ada perubahan penting dalam kepemimpinan gerakan United Liberation Movement for West Papua, organisasi utama untuk  memajukan agenda Kemerdekaan Papua, saat Benny Wenda terpilih sebagai pemimpin organisasi tersebut.

Dari Jakarta, Presiden Indonesia Joko Widodo terus menginvestasikan lebih banyak modal politik untuk memajukan Papua, walaupun penjangkauan pemerintahnya di Pasifik tidak selalu berhasil di pulau-pulau Pasifik.

Kepulauan Cook

Perdana Menteri Kepulauan Cook, Henry Puna memasuki tahun ke delapan kepemimpinannya dan selama sebagian besar waktu itu dia harus bekerja dengan mayoritas sangat tipis. Dia dibantu oleh parlemen yang sangat  jarang rapat, namun tahun ini salah satu percapaian yang disoroti termasuk pembentukan Marae Moana, salah satu tempat suaka perairan laut terbesar di dunia.

Perekonomian terus meningkat akibat pariwisata yang melonjak dengan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 160.000 orang tahun ini, atau lebih dari sepuluh kali penduduk negara itu.

Niue

Perdana Menteri Niue, Toke Talagi, diberikan gelar dan mendapat kehormatan dari Gubernur Jenderal Selandia Baru, Dame Patsy Reddy, setelah dia memenangkan  pemilihan keempat berturut-turut sebagai Premier pulau itu.

Dia berhasil mempertahankan dukungan politik dengan kenaikan gaji strategis kepada pegawai negeri dan kenaikan pensiun. Sektor pariwisata pulau itu, yang dikembangkan dengan bantuan finansial Selandia Baru, terus berkembang dan ini semua berkat Sir Toke.

Sir Toke mengatakan upaya yang dilakukan belum terselesai, termasuk mendorong Niue memiliki tempat duduk sendiri di PBB, itu sesuatu yang terus ditolak dan dilarang Selandia Baru.

Nauru

Pemerintah Nauru terus menerima jutaan dolar yang dibayar Australia untuk menampung ratusan pencari suaka dan pengungsi. Pemerintahnya sendiri masih berseteru melawan beberapa mantan anggota parlemen yang dituduh melakukan kerusuhan di luar parlemennya sekitar dua tahun yang lalu.

Pulau ini bakal menjadi tuan rumah KTT Forum Kepulauan Pasifik tahun depan, namun masih ada pertanyaan tentang akses bagi jurnalis asing karena pemerintah Nauru telah menghambat mereka secara efektif selama tiga tahun terakhir melalui biaya pengajuan visa yang sangat besar.

Lantas, apa yang akan terjadi di wilayah Pasifik pada 2018? (*)

loading...

Sebelumnya

Tiga fasilitas PLTA Samoa siap beroperasi

Selanjutnya

Pacific Freedom Forum merayakan 2 ribu keanggotaan organisasinya

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23609x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19246x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15689x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12762x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe