Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Pejuang hak orang Pasifik di Selandia Baru tutup usia
  • Minggu, 30 Oktober 2016 — 16:16
  • 481x views

Pejuang hak orang Pasifik di Selandia Baru tutup usia

Helen Kelly yang hingga akhir hayatnya merupakan presiden serikat buruh itu wafat dua pekan lalu akibat kanker paru-paru pada usia 52.
Helen Kelly. --RNZI
RNZI
Editor : Lina Nursanty

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Wellington, Jubi – Orang-orang Pasifik yang bermukim di Selandia Baru pasti tahu Helen Kelly. Helen dikenal sebagai pejuang yang ulet memperjuangkan hak-hak kaum pekerja di seluruh kawasan Pasifik.

Helen Kelly yang hingga akhir hayatnya merupakan presiden serikat buruh itu wafat dua pekan lalu akibat kanker paru-paru pada usia 52.

Ia terpilih sebagai presiden serikat buruh pada 2007 dan dikenal dengan sikapnya memperjuangkan legalisasi pengobatan kanabis yang merupakan terapi untuk kanker paru-parunya.

Sebuah kebaktian mengenang Kelly diselenggarakan para kerabat dan teman dekatnya di Wellington pada Jumat pekan lalu. Pada kesempatan itu, pimpinan serikat Australia, Ged Kearney, mengenang sebuah perjalanan ke Fiji bersama Kelly beberapa tahun lalu.

Keduanya pernah diperingatkan oleh Pemerintah Fiji bahwa mereka tidak diizinkan masuk ke negara itu. Tapi Kearney mengatakan bahwa Kelly tidak mudah dihalang-halangi. 

“Pengacara Umum Fiji mendapat kabar bahwa Helen dan saya datang dan ia mengadakan sebuah acara konferensi pers untuk mengatakan ‘jangan datang, anda tidak diperkenankan di sini.’ Helen memandang saya yang terpaku –ia kebetulan berada di Australia saat itu– dan berkata ‘bagaimana pendapatmu?’ kenang Kearney.    

“Pada akhirnya selama empat hingga lima jam kami ditahan oleh otoritas Fiji, saya sungguh memohon maaf kepada otoritas Fiji,” ujar Kearney.

Helen Kelly dikenal karena semangat advokasinya memperjuangkan standar kerja yang lebih baik terutama di industri kehutanan yang mayoritas pekerjanya adalah orang-orang dari Kepulauan Pasifik.

Pada tahun 2010, terjadi bencana yang menewaskan 29 pekerja di sebuah lokasi pertambangan di Selandia Baru. Helen Kelly saat itu sangat vokal memperjuangkan nasib para korban dan keluarganya.

Helen Kelly juga dikenal karena memperjuangkan persamaan upah bagi pekerja asal Pasifik di Selandia Baru. Mayoritas pekerja yang didatangkan dari negara-negara Pasifik itu bekerja di sektor perkebunan dan pertanian yang memang diusahakan secara massal dan luas di Selandia Baru. (*)

loading...

Sebelumnya

MA Papua Nugini tolak permohonan pengungsi Manus

Selanjutnya

Mariana Utara diserang wabah penyakit tangan, kaki dan mulut

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34414x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 22997x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18975x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe