Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. $20 Juta untuk penjara Samoa, bagaimana dengan kebutuhan dasar rakyat?
  • Kamis, 01 Februari 2018 — 17:25
  • 970x views

$20 Juta untuk penjara Samoa, bagaimana dengan kebutuhan dasar rakyat?

Anda bisa memiliki fasilitas penjara senilai $100 Juta dengan semua atributnya, tapi jika Anda tidak memperbaiki sistem yang memungkinkan para tahanan untuk melarikan diri sesuka hati; itu hanya akan membuang-buang uang dan waktu.
Sebagian dari sel Penjara Tafaigata yang selama ini menjadi fasilitas penjara utama di Samoa - RNZI / Autagavaia Tipi Autagavaia
Elisabeth Giay
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Apia, Jubi - Satu hal yang kita tahu sejauh ini. Samoa membutuhkan fasilitas penjara yang lebih baik karena berbagai alasan yang sangat jelas.

Terlepas dari kenyataan bahwa populasi penjara terus berkembang pesat, fakta yang nyata bahwa dua lagi narapidana Penjara Tafa'igata yang melarikan diri kemarin menjadi bukti bahwa sesuatu harus dilakukan secepatnya untuk memperbaiki cara mereka dipenjarakan.

Tapi apakah kebutuhan tersebut membenarkan rencana Pemerintah untuk mengeluarkan hingga $20 Juta dari uang pembayar pajak untuk mendanai proyek tersebut? 

Dan dapatkah Pemerintah Samoa menjamin bahwa fasilitas senilai $20 Juta yang baru itu, dimana dana yang dikeluarkan  bisa jadi akan melebihi proyeksi itu, akan benar-benar mengekang narapidana yang terkenal ahli melarikan diri seperti, Tualima Lauititi, dari balik jeruji besi?

Ini adalah pertanyaan-pertanyaan relevan yang perlu kita tanyakan pada diri kita hari ini, kalau bukan untuk alasan lainnya setidaknya untuk satu alasan sederhana, bahwa $20 Juta yang akan dikeluarkan oleh pemerintah untuk konstruksi fasilitas penjara baru ini tampaknya sedikit berlebihan.

Bahwa kita memerlukan fasilitas penjara yang lebih baik dan pagar yang lebih aman, adalah sesuatu pasti. Namun tidak bisakah kita memenuhi kebutuhan ini dengan biaya yang lebih murah?

Yang lebih menarik, Menteri Keuangan Samoa, Sili Epa Tuioti, menyatakan bahwa investasi tersebut adalah keputusan yang tepat. Itulah yang dia katakan di halaman depan surat kabar Anda kemarin.

“Menurut saya meskipun proyek itu bernilai $20 Juta atau $25 Juta, itu adalah investasi yang bagus,” kata Sili. “Sekali lagi $20 atau $25 Juta sudah cukup untuk sekarang, namun jika kita menunda lima tahun lagi, harganya akan lebih dari $30 Juta.”

Mari kita berhenti sebentar. Investasi di fasilitas penjara? Apakah dia serius?

Ide ini terdengar menggelikan.

Siapakah, apabila masih waras - selain Pemerintah Samoa - akan berinvestasi dalam pembangunan fasilitas penjara yang baru? Bagaimana rencana seseorang mendapatkan kembali keuntungan dari investasi mereka atas sebuah fasilitas penjara kecuali bila orang itu berencana untuk menagih pembayaran kepada para  tahanan untuk kamar dan layanan kamar mereka?

Mungkin hal inilah yang disembunyikan oleh Pemerintah Samoa.

Mungkin mereka berencana untuk menjadi Penjara Tafa'igata yang lama sebagai fasilitas bintang lima dengan kolam renang sehingga semakin banyak orang ingin mengunjungi tempat itu dan tinggal di sana. Lebih dari itu, mungkin jutaan dolar itu akan membangun kamar ber-AC, panti pijat, koki dan bahkan lapangan golf untuk memastikan para narapidana tidak bosan. Lalu mengapa tidak sekaligus menyediakan bus untuk mengirim tahanan dalam perjalanan ke pantai ke sekitar pulau  dan ke kota untuk belanja mingguan.

Sekali lagi, mohon mengerti maksud kami. Kita setuju bahwa negara ini membutuhkan penjara yang lebih baik.

Tapi bukankah ini adalah keputusan yang kejam? Rakyat biasa menangis meminta pertolongan setiap hari untuk kebutuhan-kebutuhan mendasar seperti air, listrik, pakaian, kebutuhan pendidikan dan lainnya. Pemerintahan tanpa peduli mengumumkan  rencana yang sangat gila itu?

Kami sudah banyak membicarakan prioritas; satu saja orang di pemerintah yang sangat berkuasa ini pasti memiliki prioritas dengan urutan yang benar bukan? Bagaimana mungkin fasilitas penjara lebih penting daripada kebutuhan dasar seperti air, rumah sakit, sekolah-sekolah, dan meningkatnya jumlah masyarakat yang berjuang dengan kesulitan finansial dan kemiskinan?

Sekarang, semua Menteri Pemerintahan tersebut perlu mendengarkan kita.

Anda bisa memiliki fasilitas penjara senilai $100 Juta dengan semua atributnya, tapi jika Anda tidak memperbaiki sistem yang memungkinkan para tahanan untuk melarikan diri sesuka hati; itu hanya akan membuang-buang uang dan waktu.

Masalah yang kita lihat sekarang ini di Tafa'igata lebih dari sekadar akibat fasilitas yang buruk. Ini semua ada kaitannya dengan sistem yang bobrok dan perlu dibenahi. Ini memerlukan keterlibatan ebih banyak penjaga penjara - dan memastikan bahwa tiap segelintir kolusi dan korupsi - dimusnahkan sepenuhnya.

Bapak dan ibu, tidak normal bagi tahanan melarikan diri hampir setiap hari di seluruh belahan dunia, namun justru itulah yang terjadi di Samoa. Seorang tahanan melarikan diri saat liburan Natal dan hingga kini masih buron. Dua lagi kabur kemarin. Benar-benar menyedihkan.

Kejadian-kejadian ini menunjukkan betapa buruknya kemampuan orang-orang yang menjalankan penjara itu. Semua orang harusnya lebih prihatin akan masalah ini dan sebuah penyelidikan harus dilakukan. Jika masyarakat mulai berpikir bahwa ini adalah pekerjaan ‘orang dalam’, apakah anda bisa menyalahkan mereka?

Sekarang mari kita kembali ke pembangunan penjara baru senilai $20 Juta itu, seorang pakar mengatakan kepada kolom ini kemarin bahwa sensor inframerah dapat dengan mudah dipasang di primeter penjara dengan harga kurang dari $50.000.

Alat ini berfungsi sebagai alarm, ketika seorang narapidana mencoba kabur  dan melewati laser inframerah, pergerakan itu akan memicu sistem alarm. Tentunya ini akan lebih efektif dalam menghentikan lebih banyak tahanan dari melarikan diri.

Mengapa oh mengapa belum ada yang mengambil tawaran ini serta berinisiatif untuk memasang ini?

Terkadang Anda tidak bisa berhenti bertanya-tanya.

Dan dengan rencana senilai $20 Juta ini, Anda benar-benar harus bertanya apa yang sebetulnya sedang dipikirkan pemerintah? Bagaimana menurut kalian? (Mata'afa Keni Lesa/Samoa Observer)

loading...

Sebelumnya

Demi merawat pasien, Dokter ini berlayar ke Kepulauan Pasifik

Selanjutnya

Serikat pekerja Vanuatu bawa pemerintah ke pengadilan

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34459x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23152x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19019x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15588x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe