Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Bagaimana kelanjutan ambisi Australia membentuk komunitas Pasifik Selatan?
  • Minggu, 04 Februari 2018 — 21:35
  • 2621x views

Bagaimana kelanjutan ambisi Australia membentuk komunitas Pasifik Selatan?

Kita, Australia, memiliki banyak kepentingan dibelakang pembentukan dan kesuksesan komunitas ini.
Australia memiliki sarana memadai untuk membangun komunitas dengan tetangganya di Pasifik Selatan, namun apakah mereka memiliki imajinasi dan kemauan untuk mengupayakannya? - Australian Strategic Policy Institute
Elisabeth Giay
Editor : Zely Ariane
LipSus
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:37 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:24 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 08:58 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 00:09 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jakarta, Jubi - Aspirasi Australia untuk Pasifik Selatan seharusnya adalah untuk menciptakan sebuah komunitas regional dalam bidang ekonomi, politik, dan keamanan.

Australia dan Selandia Baru akan menjadi pusat komunitas tersebut karena kedua negara ini akan menanggung biayanya, sementara sebagian besar pemikiran, hati, dan jiwa akan berasal dari Papua Nugini dan anggota lain dari Forum Kepulauan Pasifik. Dan dalam menginterpretasikan ‘pulau-pulau’ ini, Timor-Leste harus termasuk didalamnya.

Pada ujung yang paling ambisius, komunitas itu akan memiliki mata uang bersama berdasarkan dolar Australia, pasar kerja yang sama, dan anggaran serta standar fiskal yang serupa.

Integrasi sebesar itu akan memakan waktu puluhan tahun, mengingat tantangan-tantangan besar yang telah dihadapi pulau-pulau Pasifik itu.

Model komunitas regional semacam ini dibahas secara rinci oleh Komite Senat Australia untuk Hubungan  Luar Negeri, Pertahanan dan Perdagangan dalam laporannya tahun 2003 tentang Satu Pasifik menyangkut visinya terkait ‘komunitas ekonomi dan politik Pasifik’.

Inilah rekomendasi pertama Komite tersebut:

Bahwa gagasan tentang komunitas ekonomi dan politik Pasifik yang mengakui dan menghargai keragaman budaya di wilayah ini, dan negara-negara berdaulat di dalamnya, serta mempertimbangkan tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda setiap negara, layak untuk diteliti lebih lanjut, dianalisa, dan diperdebatkan.

Komunitas semacam ini harus didasarkan pada tujuan-tujuan seperti pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan; pemerintahan yang demokratis dan etis; pengaturan pertahanan dan keamanan bersama dan seimbang; ketentuan hukum yang sama dan komitmen untuk memerangi kejahatan; tujuan prioritas dalam bidang kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan; pengakuan mengenai dan pengambilan tindakan untuk memperbaiki standar lingkungan hidup; dan seiring waktu, komunitas semacam ini akan berkembang untuk pembentukan mata uang bersama, sebaiknya didasarkan pada dolar Australia.

Komunitas ini  juga akan melibatkan pasar kerja bersama dan anggaran umum dan standar fiskal yang setingkat.

Saya bangga bisa memiliki satu salinan laporan itu, yang ditandatangani oleh Ketua Komite, Senator Peter Cook, dengan pesan tertulis didalamnya yang mengatakan bahwa saya banyak terlibat dalam memformulasikan daftar rekomendasinya.

Visi komunitas besar Pasifik

Proposal saya, tentu saja, mengenai  sebuah visi besar komunitas Pasifik ini. Namun didalamnya saya juga berpendapat bahwa penciptaan komunitas seperti ini bukan hanya upaya Australia untuk menawarkan bantuan-bantuan - ini adalah bentuk ungkapan  dari kepentingan dan sejarah dan kebutuhan strategis Australia.

Kita, Australia, memiliki banyak kepentingan dibelakang pembentukan dan kesuksesan komunitas ini.

Di era sebelumnya, ambisi Australia adalah untuk memerintah sebuah wilayah yang disebut Australasia. Akhir-akhir ini, gagasan mengenai komunitas ini lebih mudah di jual dengan moniker Oceania. Geografi komunitas ini bertahan, sementara  pemahaman kita bergeser.

Kini, kedua blok politik Australia mempromosikan gagasan komunitas Pasifik: disebut ‘integrasi’ dari Pemerintah Koalisi dan komitmen Pasifik dari Partai Buruh Australia.

Kertas Putih Kebijakan Luar Negeri Pemerintah Turnbull yang dirilis pada akhir 2017 menawarkan integrasi ekonomi dan keamanan Pasifik Selatan. Kebijakan tersebut menyatakan bahwa integrasi itu sangat ‘vital’ bagi Pasifik.

Menteri Pertahanan kabinet bayangan Partai Buruh, Richard Marles, meminta agar Australia membuat sebuah komitmen kepada negara pulau-pulau berdasarkan hubungan pertahanan yang lebih dalam dan tawaran untuk ‘membantu berbagai fungsi pemerintah di Pasifik’.

Tangani Tiongkok dengan persuasif

Argumen tentang bantuan Tiongkok ke Pasifik Selatan menunjukkan dua kelompok kepentingan yang bertabrakan: pandangan Australia tentang dirinya sebagai pemimpin di Pasifik Selatan versus kedatangan Tiongkok yang tak terelakkan.

‘Ngambek’-nya Canberra telah menyebabkan banyak kerugian, namun juga juga dapat mendatangkan keuntungan jika ini mendorong Australia meningkatkan keterlibatannya di Pasifik. Naluri penolakan strategis Australia ini konstan dengan sejarah 150 tahun kita. Rasa ketakutan atas kuasa asing memaksa kita waspada selalu, dan mendorong kita lebih fokus.

Australia berperan dalam hal cara penggunaan bantuan yang terbaik. Kita adalah donor terbesar di kawasan ini, dan kita juga terkadang diam-diam mengubur gajah putih kita sendiri; kita tahu betapa sulitnya memberikan bantuan yang baik, karena kita juga telah memberikan banyak bantuan yang tidak berhasil.

Namun saat Australia mengomeli Beijing, hal itu menjadi  taktik yang buruk karena kita juga menyerang pulau-pulau Pasifik. Akan lebih bijaksana apabila kita membiarkan pemerintah kepulauan Pasifik memulai diskusi itu, lalu menawarkan pendapat kita melalui forum organisasi regional.

Forum Kepulauan Pasifik (Pacific Islands Forum; PIF) memiliki peran penting dalam mempromosikan pemahaman tentang sisi baik dan buruk dari  bantuan asing. Dan Komunitas Pasifik (dulunya South Pacific Commission; SPC) menyediakan keahlian teknis yang berharga dan menarik pemain penting lainnya seperti Uni Eropa.

Kita harus menerima bahwa Tiongkok telah dan akan berada di Pasifik Selatan untuk waktu yang lama dan menawarkan banyak hal. Tiongkok dapat mendengarkan kita lewat cara persuasif.

Berita geopolitik terbaik untuk wilayah itu satu dekade lalu adalah gencatan senjata antara Beijing dan Taiwan dalam pertarungan mereka atas pengakuan diplomatik di area Pasifik Selatan. Dampak destabilisasi dari diplomasi checkbook tersebut terlihat di Kepulauan Solomon dalam bentuk kerusuhan di jantung kota Honiara setelah pemilihan tahun 2006.

Membangun komunitas Pasifik memperkuat negara kepulauan Pasifik  adalah juga melayani kepentingan Australia. Kontes geopolitik semakin ‘ramai dan kompleks’ di kawasan ini.

Australia memiliki sarana yang memadai untuk membangun sebuah komunitas dengan tetangganya di Pasifik Selatan. Pertanyaannya, apakah kita memiliki imajinasi dan kemauan untuk mengupayakannya? (Graeme Dobell /The Strategist by Australian Strategic Policy Institute)

*Graeme Dobell, seorang jurnalis Australian Strategic Policy Institute (ASPI), telah menulis selama 45 tahun, tentang politik dan politik Australia, internasional, dan pertahanan luar negeri, dan Asia Pasifik sejak 1975.

loading...

Sebelumnya

Asosiasi Dokter PNG usulkan wajib otopsi terhadap korban sihir

Selanjutnya

Parpol dan komunitas diminta dukung Perempuan di pemilu

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 33998x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18404x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17453x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe