Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Setelah penetapan paslon cagub, KPU Papua agendakan dua hal
  • Selasa, 20 Februari 2018 — 14:35
  • 1011x views

Setelah penetapan paslon cagub, KPU Papua agendakan dua hal

“Hari ini kami menetapkan dua paslon, karena rekomendasi keaslian mereka telah diserahkan kepada kami. Semua paslon dinyatakan asli Papua dan memenuhi syarat sebagai salah satu ciri pilgub di Papua,” kata Sombuk usai penetapan paslon.
Ketua KPU Papua Adam Arisoi (kiri), menyerahkan hasil pleno penetapan kepada paslon cagub-cawagub Papua, John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (kemeja putih), dan cawagub Papua Klemen Tinal (batik warna hitam) usai pleno penetapan di KPU Papua, Selasa (20/2/2018) – Jubi/Arjuna.
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – KPU Papua akhirnya melaksanakan rapat pleno penetapan dua pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Papua, Selasa (20/2/2018) pagi, waktu setempat. Setelah penetapan paslon ini, KPU Papua memiliki dua agenda lain yang akan dilaksanakan dalam pekan ini.

Komisioner KPU Papua Musa Sombuk mengatakan, setelah penetapan pasangan cagub-cawagub Papua, pada Rabu (21/2/2018) pihaknya akan melaksanakan pencabutan nomor urut paslon di halaman kantor KPU Papua, kemudian dilanjutkan  Sabtu (24/2/2018), akan dilakukan deklarasi pilkada damai di halaman kantor Gubernur Papua.

“Hari ini kami menetapkan dua paslon, karena rekomendasi keaslian mereka telah diserahkan kepada kami. Semua paslon dinyatakan asli Papua dan memenuhi syarat sebagai salah satu ciri pilgub di Papua,” kata Sombuk usai penetapan paslon.

Menurutnya, KPU sengaja menjadwalkan deklarasi pilkada damai pada Sabtu, lantaran hari itu merupakan waktu libur bagi aparatur sipil negara (ASN), sehingga tidak ada yang menggunakan atribut dinas.

“Ya karena ini kegiatan politik. Kami lakukan di halaman kantor gubernur karena mempertimbangkan masalah keamanan,” ujarnya.

Sombuk melanjutkan, jika deklarasi dilaksanakan di tempat lain dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas. Sedangkan, jika dilaksanakan di halaman kantor gubernur, ada jalur alternatif yang dapat digunakan pengguna jalan, jika saja jalur di depan kantor ditutup.

Tertundanya penetapan paslon cagub-cawagub Papua dari jadwal semestinya, 12 Februari 2018 hingga 20 Februari 2018 akibat verifikasi keaslian orang Papua terhadap bakal paslon belum dilakukan Majelis Rakyat Papua (MRP) ketika itu, yang berakibat berkurangnya hari kampanye paslon.

“Kami sudah komunikasi dengan paslon sehingga tidak ada yang merasa dirugikan,” katanya.

Senada dengan komisionernya, Ketua KPU Papua Adam Arisoi mengatakan hal yang sama.

“Kami sudah rapat dengan tim sukses dan tim koalisi paslon, mereka memahami itu. Besok kami akan rapat lagi untuk menyelesaikan jadwal kampanyenya,” kata Adam.

Sementara itu, dari pantau Jubi di arena rapat pleno penetapan pasalon cagub-cawagub Papua, dihadiri Ketua MRP Timotius Murib, cawagub Klemen Tinal yang berpasangan dengan cagub Lukas Enembe, paslon John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae, tim koalisi partai pengusung paslon dan tim sukses.

Pleno penetapan yang dikawal puluhan aparat kepolisian itu, berjalan tanpa hambatan. Dua mobil water canon disiagakan di halaman kantor KPU. Namun wartawan yang meliput pleno penetapan tidak semua diizinkan masuk ke ruang pleno, lantaran terbatasnya kapasitas ruang dan ada yang tidak mendapat kartu liputan yang dikeluarkan KPU.  

Sedangkan, di halaman kantor KPU Papua juga terlihat puluhan pendukung dan tim koalisi partai pengusung paslon, yang menunggu hasil penetapan. (*)

loading...

Sebelumnya

Kodrat Papua buka peluang atlet bela diri ikut seleksi

Selanjutnya

Pengakuan kedudukan salah satu isi maklumat adat Momuna

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23428x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19132x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15637x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12670x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe