Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pilkada Papua
  3. Paslon dinilai menentukan keamanan Pilkada Paniai
  • Senin, 05 Maret 2018 — 21:00
  • 1766x views

Paslon dinilai menentukan keamanan Pilkada Paniai

Pendapat itu terkait pembatalan pencalonan yang diusung secara independen atau non partai.
Plt Bupati Paniai, Yohanes You, saat berdiskusi dengan para ASN di ruang kerjanya, Senin, (5/3/2018) – Jubi/Abeth You
Abeth You
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Paniai, Jubi – Keberadaan Pasangan Calon (Paslon)  dinilai sangat menentukan keamanan Pilkada Paniai. Pendapat itu terkait pembatalan pencalonan yang diusung secara independen atau non partai.

“Jadi Pilkada Paniai ini mau berjalan aman atau tidak, saya kira ada di tangan lima Paslon,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Paniai, Yohanes You, kepada Jubi, Senin, (5/3/2018) .

Ia menyebutkan apakah para Paslon yang gugur menerima keputusan Panwas atau terus menggugat di pengadilan.  Meski begitu ia menjamin proses Pilkada di Paniai tetap berjalan aman, dengan jaminan penyelenggara harus membangun komunikasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Yohanes You menyarankan sebaiknya baiknya KPU dan Panwas membangun komunikasi dengan pemerintah daerah. “Kalau ada apa-apa itu kami bisa berikan solusi. Sekarang kami tunggu respon pihak penyelenggara,” kata You, menambahkan.

Ia khawatir dampak keputusan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paniai atas dikabulkannya gugatan dari pasangan calon (Paslon) Hengki Kayame - Yeheskiel Tenouye, yang membatalkan terhadap tiga Paslon dari jalur independen, tidak sebagus ekspektasi.

Isi keputusan Panwaslu merekomendasikan KPU Paniai membatalkan SK tiga dari lima Paslon itu. “Maka dengan adanya (keputusan itu) terkesan akan membuat kualitas Pilkada Paniai 2018 jauh dari harapan,” katanya.

Tokoh pemuda Paniai, Tinus Pigai, mengatakan fungsi Panwaslu menerima, mengkaji dan melaporkan gugatan dugaan pelanggaran kepada Bawaslu Provinsi. “Itu dijamin dalam undang-undang nomor 15 tahun 2011, Pasal 77, poin b, c, d, e dan Perbawaslu tentang Tata Cara Laporan Gugatan Pelanggaran,” kata Pigai.

Menurut dia, keputusan Panwaslu dinyatakan final dan mengikat, sehingga KPU kembali membatalkan SK KPU itu. “Meski tiga Paslon dari jalur perseorangan yang digugurkan telah melakukan upaya hukum melalui PTTUN Makassar,” katanya.

Jika tiga Paslon itu menang di pengadilan tinggi tata usaha negara (PTTUN), maka Panwaslu Paniai akan disanksi karena putusan itu dianggap melawan hukum. (*)

loading...

Sebelumnya

Dana awal kampanye Cagub Papua mencapai puluhan miliar

Selanjutnya

Kesal tak kunjung PAW, warga palang kantor perwakilan KPUD Tolikara

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34113x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 20191x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17772x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe