Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pilkada Papua
  3. Kesal tak kunjung PAW, warga palang kantor perwakilan KPUD Tolikara
  • Senin, 05 Maret 2018 — 21:05
  • 1270x views

Kesal tak kunjung PAW, warga palang kantor perwakilan KPUD Tolikara

“Saat KPU Provinsi lakukan kegiatan disana, masyarakat sempat mempertanyakan kepada KPU kapan proses PAW, cuma karena tidak ada tanggapan sehingga mereka lakukan pemalangan,” ujarnya.
Kantor perwakilan KPUD Tolikara yang berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dipalang oleh masyarakat Tolikara - Jubi/Ist.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Kantor perwakilan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tolikara yang berlokasi di Jalan Trikora Gang Lumba-lumba nomor dua, Wamena, Senin (5/3/2018) sekira pukul 18.00 WP (Waktu Papua), dipalang sejumlah masyarakat. 

Aksi itu ditengarai sebagai akibat kekecewaan masyarakat, lantaran hingga tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) serentak 2018, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, belum dilakukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Anggota KPUD Tolikara pasca lima komisioner KPUD sebelumnya mendapat putusan inkrah dari Pengadilan dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP), terkait pelaksanaan Pilkada Tolikara 2017 silam. 

Hal itu juga diperparah dengan aktivitas perkantoran untuk tahapan pelaksanaan Pilgub, Pilpres, dan Pileg, tidak dilaksanakan di Tolikara. Namun masih dilakukan di kantor perwakilan, yang lokasinya diluar area pemerintahan Kabupaten Tolikara.

Berdasarkan informasi yang diterima Jubi, pemalangan itu dilakukan oleh sekelompok masyarakat dari Tolikara yang mendatangi kantor perwakilan KPUD Tolikara di Wamena. Kantor tersebut sejak 2017 lalu, menjadi biro untuk aktivitas pelaksanaan pekerjaan kesekretariatan KPUD Tolikara. 

“Ada beberapa pemuda asal Tolikara mendatangi kantor biro tersebut, dan langsung memalang kantor tersebut pukul 18.00 WP,” kata tokoh pemuda Tolikara yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Tolikara, Benny Kogoya kepada wartawan, Senin (5/3/2018) malam. 

Benny juga mengatakan, dari informasi yang diterimanya, pemalangan itu dilakukan secara spontan, akibat beberapa hari sebelumnya ada kegiatan yang dilaksanakan KPU Provinsi di kantor perwakilan tersebut. 

“Saat KPU Provinsi lakukan kegiatan disana, masyarakat sempat mempertanyakan kepada KPU kapan proses PAW, cuma karena tidak ada tanggapan sehingga mereka lakukan pemalangan,” ujarnya.

Kata Benny lagi, yang masih bersumber dari laporan masyarakat di Tolikara yang ada di Wamena, bahwa kelompok tersebut mengaku kecewa dengan kinerja KPU Papua yang terkesan tidak segera melakukan proses PAW bahkan dinilai tidak memiliki ketegasan. 

“Saya sangat prihatin dengan kejadian ini, apalagi dengan mendengar faktor pemicu karna KPU Provinsi tidak jeli dan terkesan melakukan pembiaran terhadap proses ini,” ujarnya. 

Padahal menurutnya, jika mengacu pada PKPU, tujuh hari setelah putusan DKPP, KPU Papua harus melakukan proses pergantian antar waktu, namun hal ini sudah berjalan hampir setahun belum ada gerakan ataupun tanda-tanda adanya PAW. Atas itu, masyarakat kemudian berasumsi dan menimbulkan kesan ada proses yang disengaja, yang diduga sebagai lahan mencari keuntungan sepihak.  

"Bahasa kasarnya KPU Papua sengaja menahan ini agar menjadi lahan untuk mereka diakhir masa jabatan KPU Provinsi,” katanya.

Benny mengatakan, tahapan Pilkada Gubernur saat ini sedang berjalan. Jika kantor dipalang, lantas bagaimana aktivitas tahapan dapat dilakukan.

“Jangan lihat hal ini sepele. KPU Provinsi harus datang dan segera menyelesaikan masalah ini, bicara dengan masyarakat dan segera lakukan proses PAW serta kembalikan perkantoran di Tolikara," ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR Papua bidang politik, pemerintahan, hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa mendesak KPU Provinsi Papua segera melakukan pelantikan pergantian antar waktu (PAW) lima komisioner KPU Kabupaten Tolikara yang diberhentikan beberapa waktu lalu.

"Saya minta KPU Provinsi Papua segera melantik lima orang yang ada dalam daftar tunggu menggantikan anggota KPU Tolikara yang diberhentikan," kata Kadepa belum lama ini kepada Jubi.

Menurut Kadepa, saat ini masa persiapan pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) Papua, yang berlangsung 27 Juni 2018 mendatang. Kekosongan komisioner KPU Tolikara harus segera diisi untuk mempersiapkan pelaksanaan pilgub di kabupaten itu.

"Jangan sampai keterlambatan pelantikan ini mengganggu tahapan pilgub di Tolikara. Kami ini bermitra dengan KPU sehingga saya bicara," ujarnya.

Katanya, ini juga merupakan permintaan masyarakat Tolikara kepada pihaknya, supaya dewan menyuarakan pelantikan PAW anggota KPU setempat.

"Ini juga permintaan dari masyarakat Tolikara," katanya.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto ketika dikonfirmasi Jubi, Selasa (27/2/2018) lalu mengatakan, pihaknya segera melakukan pelantikan. Namun, ia tidak dapat memastikan kapan waktunya.

"Dalam waktu dekat. Iya lima orang anggota KPU Tolikara akan diganti semuanya," janji Tarwinto.

Namun hingga kini, pergantian antar waktu seperti yang dikatakan komisioner KPU tersebut, tidak kunjung dilakukan. Sehingga timbul kekesalan dari masyarakat, dan akhirnya melakukan tindakan pemalangan. (*)

loading...

Sebelumnya

Paslon dinilai menentukan keamanan Pilkada Paniai

Selanjutnya

Ingat, ini visi dan misi para calon gubernur dan wakil gubernur Papua

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34428x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23059x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18984x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]i.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe