Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Papua Bangkit
  3. Kendala lahan palapa ring sudah selesai
  • Minggu, 18 Maret 2018 — 21:26
  • 1121x views

Kendala lahan palapa ring sudah selesai

"Kami target akhir tahun pembangunan sudah rampung dikerjakan,"  kata Kansiana.
Ilustrasi jaringan – Jubi/ pixabay.com
Alexander Loen
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Lahan pembangunan palapa ring di Papua yang sebelumnya mengalami kendala di dua kabupaten yakni Yalimo dan Mamberamo Tengah, sudah terselesaikan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Kansiana Salle mengatakan mengenai lahan sudah tidak ada masalah, bahkan pembangunan palapa ring di Papua sedang berproses. 

"Kami target akhir tahun pembangunan sudah rampung dikerjakan,"  kata Kansiana sekaligus mengklarifikasi pemberitaan di salah satu media, yang menyebut pembangunan palapa ring di Yalimo dan Mamberamo Tengah terkendala soal lahan, di Jayapura, Minggu (18/3/2018).

Menurutnya, sebagian besar kabupaten sudah menggelar pemasangan kabel fiber optik, seperti di Nabire, Merauke, Boven Digoel dan sekitarnya. Kendati demikian, Kansiana menyebut, tak semua kabupaten akan menggunakan kabel fiber optik. Dan sekitar 11 lokasi, dipastikan mengkombinasikan pemasangan kabel tersebut dengan microwave (radio), karena letak geografi maupun topografi yang sulit.

"Kenapa harus kombinasi, sebab daerah itu tidak sepenuhnya bisa ditarik dengan kabel fiber optik. Dan ini umumnya di daerah pegunungan. Meskipun beberapa daerah harus memakai kombinasi, namun kualitas masih jauh lebih baik selama cuaca baik, ketimbang Vsat yang butuh biaya sewa besar," ujarnya.

Ia menambahkan, kendati pembangunan palapa ring bakal rampung akhir tahun, namun jaringan telekomunikasi tak bakal langsung on (nyala). Karenanya, dia mendorong agar seluruh provider telekomunikasi yang ada, bisa segera memanfaatkan jalur itu.

"Jika pihak provider seperti Telkomsel, Indosat dan XL belum masuk maka jaringan tentu belum akan ada. Kami harap setelah selesai, para provider bisa segera memanfaatkan jalur yang ada untuk memberikan layanan telekomunikasi bagi masyarakat," kata Kansiana.

Selain itu, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan pembangunan palapa ring timur merupakan salah satu implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

Untuk itu, bupati dan wali kota yang daerahnya dilalui proyek pembangunan atau menjadi link penghubung proyek, harus mendukung dan memberikan kemudahan.

"Dukungan harus diberikan agar proyek ini dapat terlaksana dengan baik demi kepentingan masyarakat di Papua," kata Hery. (*)

loading...

Sebelumnya

TPH Papua mampu sediakan beras ratusan ribu ton

Selanjutnya

Sektor kelautan dan perikanan Papua meningkat

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23401x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19119x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15623x views
Meepago |— Rabu, 12 Desember 2018 WP | 12653x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe