Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Meski sudah dilimpahkan ke distrik, masyarakat masih urus dokumen kependudukan di Disdukcapil
  • Senin, 23 April 2018 — 23:13
  • 601x views

Meski sudah dilimpahkan ke distrik, masyarakat masih urus dokumen kependudukan di Disdukcapil

"Kita akan telusuri dan sidak laporan tersebut, secara khusus pelayanan di Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan. Setiap hari ada penumpukan orang di sana untuk mengurus dokumen kependudukan mereka," jelas Wakil Ketua I, Mosses Kallem, saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (23/4/2018).
Antrian masyarakat yang sedang mengurusi dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura akan mempertimbangkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  tahun 2017 yang akan dilaporkan pihak Eksekutif nanti. 

"Kita akan telusuri dan sidak laporan tersebut, secara khusus pelayanan di Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan. Setiap hari ada penumpukan orang di sana untuk mengurus dokumen kependudukan mereka," jelas Wakil Ketua I, Mosses Kallem, saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (23/4/2018).

Menurut Kallem, pelayanan seperti ini sama sekali tidak efektif dan kesannya ada penumpukan kerja yang harus dilakukan oleh dinas terkait.

"Pelayanan seperti ini sudah diberikan wewenang kepada pemerintah distrik, tapi masyarakat masih saja mengurus di sini, " katanya.

Lebih lanjut Politisi Partai Demokrat ini mengkritisi hasil kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura.

"Pelayanan ini sistemnya sudah online, artinya tidak manual seperti dulu lagi melalui pencatatan. Datanya juga harus sinkron di pusat. Katanya alasan jaringan sehingga datanya belum masuk. Sementara pengurusan seperti ini sudah berjalan sejak lama," ujarnya.

Alosius, seorang warga Distrik Sentani Barat Moi, mengaku kesal karena pengurusan terlalu lama.

"Saya sudah mengurus surat-surat kelengkapannya dari minggu lalu. Terakhir saya ke sini hari Kamis. Diminta menunggu. Lalu katanya hari Senin ini baru bisa ambil dokumennya. Tapi sampai tadi saya tanya mereka masih mencari-cari dokumen dan suruh saya tunggu lagi," ungkapnya dengan nada kesalnya. (*)

loading...

Sebelumnya

DPRD ingin ada penambahan kursi

Selanjutnya

Bupati Jayapura: Saya bertanggung jawab selesaikan masalah di daerah

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34141x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 20520x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17859x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe