TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pra kongres Kehutanan : 70 persen orang Papua hidup di dalam dan dihidupi oleh hutan
  • Rabu, 09 November 2016 — 18:19
  • 1090x views

Pra kongres Kehutanan : 70 persen orang Papua hidup di dalam dan dihidupi oleh hutan

"Walaupun telah banyak upaya kebijakan program kehutanan dengan berbagai keberhasilan yang tercapai dalam perkembangan pembangunan kehutanan di Papua, namun masih terdapat berbagai isu-isu yang perlu mendapat perhatian dan dukungan para pihak," ucapnya.
Kawasan hutan Cyclopp yang menjadi sumber air untuk Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura - IST
Alexander Loen
[email protected]
Editor : Kyoshi Rasiey
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Pra Kongres Kehutanan Indonesia VI akan mengevaluasi perkembangan isu-isu terkini dalam kerangka mengembalikan hutan dan kehutanan bagi kehidupan masyarakat serta sumber daya hutan yang lestari dari sisi ekonomi juga sosial budaya di Bumi Cenderawasih.

Koordinator Desk Papua Dewan Kehutanan Nasional (DKN), Marthen Kayoi mengatakan pra kongres akan menyepakati dan merekomendasikan fokus kebijakan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan serta menetapkan peta jalan (road map) lima tahun ke depan (2016-2021) bagi Papua.

"Pra kongres ini dimaksudkan sebagai curah pendapat untuk optimalisasi konsep tata kelola hutan dan kehutanan di regional Papua dengan mempertimbangkan masa depan kualitas kehidupan manusia," kata Kayoi, di Jayapura, Rabu (9/11/2016).

Disamping itu, pra kongres nantinya juga akan menetapkan kepengurusan Dewan Kehutanan Papua pasca kongres kehutanan 2016 dan anggota delegasi Papua untuk menghadiri Kongres Kehutanan Indonesia VI November 2016 di Jakarta.

"Walaupun telah banyak upaya kebijakan program kehutanan dengan berbagai keberhasilan yang tercapai dalam perkembangan pembangunan kehutanan di Papua, namun masih terdapat berbagai isu-isu yang perlu mendapat perhatian dan dukungan para pihak," ucapnya.

Sementara itu, Direktur World Wildlife Fund (WWF) Program Indonesia Region Papua Benja, Victor Mambai menakankan, pihaknya sangat mendukung Pemprov Papua yang memberikan ruang bagi masyarakat adat dalam pengelolaan hutan.

"Sebagai salah satu anggota dalam Dewan Kehutanan Nasional (DKN), WWF erat kaitannya dengan apa yang sedang diperjuangkan oleh Pemprov dalam memberikan ruang bagi masyarakat adat untuk pengelolaan hutan," katanya Benja.

Menurutnya, pada 2006, Papua sudah mendedikasikan 60 persen lahannya bagi penurunan emisi gas rumah kaca sehingga hal ini harus didukung dengan mendorong masyarakat terlibat langsung dalam pengelolaan hutan.

"Kami telah membentuk desk Papua untuk mendorong agar ada kebijakan yang yang memberikan ruang bagi masyarakat adat dalam pengelolaan hutan," ucapnya.

Untuk itu, ujar Benja, pihaknya sangat mendorong penyelenggaraan Pra Kongres Kehutanan Indonesia VI Regional Papua agar pemberian ruang bagi masyarakat adat ini dapat didukung penuh oleh pemerintah pusat.

"Masyarakat Papua itu punya hubungan emosional dengan alam, dari tata ruang yang dibuat oleh pemprov setempat terdapat komitmen melestarikan 70 persen hutan alam karena 70 persen orang Papua hidup di dalam dan dihidupi oleh hutan," tutupnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Dishut diminta amankan kebijakan Pemprov Papua

Selanjutnya

Gubernur harap peserta Raimuna bersatu mencegah persoalan bangsa

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe