Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pilkada Papua
  3. Bawaslu: Ada keterkaitan OTT dengan keterlambatan pleno
  • Selasa, 10 Juli 2018 — 21:28
  • 678x views

Bawaslu: Ada keterkaitan OTT dengan keterlambatan pleno

"Kalau dilihat alurnya kemungkinan ada keterkaitan antara peristiwa OTT yang terjadi di Karang Senang SP3 itu dengan penundaan tahapan rekapitulasi suara Pilkada Mimika," kata Komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata, Selasa (10/7/2018).
Ilustrasi Bawaslu - Jubi/Tempo.co
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Timika, Jubi - Bawaslu Papua menilai ada keterkaitan antara keterlambatan rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada Mimika dengan operasi tangkap tangan (OTT) anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru beserta salah satu calon Bupati Mimika, Sabtu (7/7/2018) malam.

"Kalau dilihat alurnya kemungkinan ada keterkaitan antara peristiwa OTT yang terjadi di Karang Senang SP3 itu dengan penundaan tahapan rekapitulasi suara Pilkada Mimika," kata Komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata, Selasa (10/7/2018).

Saat OTT di sebuah rumah milik ASN Pemkab Mimika yang digelar oleh Bawaslu Papua bersama Tim Gakkumdu dan Polres Mimika pada Sabtu (7/7) malam itu, petugas mengamankan anggota PPD Mimika Bary berinisial JM bersama salah seorang cabup Mimika berinisial HM.

Ikut diamankan dalam OTT itu yakni uang tunai senilai Rp 101 juta bersama formulir DAA-KWK milik PPD Mimika Baru yang seharusnya tidak boleh dibawa kemana-mana karena harus tersimpan dalam kotak suara.

Anugrah mengatakan jajaran Bawaslu Papua yang mengambil alih tugas Panwaslu Mimika sangat serius menindaklanjuti kasus tersebut.

Tim Bawaslu Papua telah menggelar pertemuan dengan penyidik Gakkumdu Mimika dan Kejaksaan Negeri Timika untuk menjadwalkan pemeriksaan para saksi yang terjaring saat OTT di Karang Senang SP3 Timika itu.

"Perwakilan Gakkumdu Provinsi Papua dipimpin langsung Koordinator Penyidik Kasubdit I Kamneg Polda Papua juga sudah bergabung dengan kami untuk menindaklanjuti kasus ini," ujar Anugrah.

Menyangkut paslon bupati Mimika, HM, yang juga ikut diamankan saat OTT, Anugrah mengatakan hingga kini status yang bersangkutan masih sebatas saksi.

Jika dalam penyidikan Gakkumdu Mimika ditemukan unsur tindak pidana maka proses kasus tersebut akan ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Hingga kini Tim Gakkumdu Mimika juga tengah menyelidiki ikhwal uang Rp 101 juta yang ditemukan dari dalam tas noken salah satu pihak yang terjaring saat OTT di Karang Senang SP3 itu.

"Kami masih melakukan pendalaman terkait hal itu," jelas Anugrah.

Rapat pleno KPU Mimika dengan agenda penetapan rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Mimika baru berlangsung pada Selasa (10/7/2018) petang ini bertempat di Gedung Eme Neme Yauware Timika.

Sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2018, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada di tingkat kabupaten/kota seharusnya dijadwalkan tanggal 4-6 Juli 2018. (*)

loading...

Sebelumnya

Masyarakat nilai kinerja Panwaslu tidak netral dalam Pilkada Paniai

Selanjutnya

Sistem noken, Paslon nomor urut 2 raih nol suara di Mamteng

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34470x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23173x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19029x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15593x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe