Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Kalimantan
  3. Kalteng dorong alokasikan dana desa untuk perpustakaan
  • Selasa, 18 September 2018 — 17:25
  • 686x views

Kalteng dorong alokasikan dana desa untuk perpustakaan

Dorongan itu sebagai tindaklanjut kerja sama Perpustakaan Nasional dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Ilustrasi, pixabay.com

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Palangka Raya, Jubi - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Kalimantan Tengah, mendorong aparatur desa dapat menyisihkan lima persen dari dana desa untuk membangun perpustakaan. Dorongan itu sebagai tindaklanjut kerja sama Perpustakaan Nasional dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Dalam kerja sama itu, setidak-tidaknya lima persen untuk pembangunan Perpustakaan Desa. Jadi, sangat diharapkan aparatur desa bisa memperhatikan hal tersebut untuk meningkatkan minat baca di wilayahnya masing-masing," kata Kepala DPAD Kalteng, Susana Ria Aden, Selasa (18/9/2018).

Susana menyebutkan  Perpustakaan di desa sangat diperlukan untuk meningkatkan minat baca yang tidak hanya terfokus di kota. “Sebab, masyarakat desa juga sudah pasti sangat memerlukan banyak informasi yang tersajikan di perpustakaan,” kata Susana menambahkan.

Menurut dia, kebutuhan buku yang dialokasikan dari dana desa untuk perpustakaan desa tidak hanya kategori pendidikan yang sifatnya untuk keperluan pelajar, melainkan umum dan bisa menambah wawasan masyarakat.

Ia mencontohkan buku pertanian yang akan berdampak pada meningkatkan pemahaman dalam bercocok tanam yang baik. DPAD Kalteng juga telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Mulai dari menyediakan pojok baca di sejumlah tempat strategis seperti bandara, taman, dan rumah sakit.

Dia mengatakan, sarana dan prasarana di perpustakaan daerah yang terletak di Jalan Tjilik Riwut km.1 Kota Palangka Raya pun terus dibenahi, agar memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk terus mengunjunginya.

"Sekarang ini perpustakaan daerah pengunjungnya dalam sehari sudah berada di angka 200 orang lebih. Itu terus mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata Susana menjelaskan. (*)

loading...

Sebelumnya

Kematian ibu saat melahirkan di Sambas menuai kritik

Selanjutnya

Penyandang disabilitas di Pontianak dapat layanan pesan antar buku

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe