Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Papua dan NCD PNG sepakati eksebisi sepakbola dan rugby
  • Jumat, 21 September 2018 — 05:03
  • 1365x views

Papua dan NCD PNG sepakati eksebisi sepakbola dan rugby

Parkop mengatakan ia pernah mengundang Persipura untuk bertanding di PNG namun rencana tersebut belum terwujud.
Gubernur NCD, Powes Parkop (kiri) dan Gubernur Papua, Lukas Enembe (kanan) saat menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan PNG, 16 September di Port Moresby - Jubi/Victor Mambor
Victor Mambor
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Gubernur Papua, Lukas Enembe menerima tantangan Gubernur National Capital District (NCD), Papua Nugini (PNG), Powes Parkop untuk mengirimkan tim olahraga dari Papua bertanding di Port Moresby, PNG.

“Kita akan kirim tim sepakbola kita. Nanti kita lihat, apakah Persipura senior, Persipura yunior atau tim PON Papua,” kata Gubernur Enembe di Lae, ibukota Provinsi Morobe, PNG, Kamis (20/9/2018) dalam jamuan makan malam oleh Gubernur Provinsi Morobe, Ginson Saonu.

Selain berencana mengirimkan  tim sepakbola, Gubernur Enembe juga meminta Gubernur NCD untuk mengirimkan tim rugby PNG bertanding di Papua. Gubernur Enembe mengetahui bahwa tim  rugby PNG merupakan salah satu dari tim terkuat di dunia. Karena itu dirinya menginginkan tim rugby PNG bisa datang ke Papua untuk membagi pengalaman mereka pada tim-tim rugby di Papua yang belakangan ini mulai bergeliat.

“Kita punya tim rugby mulai banyak. Tapi kita baru mulai. Jadi kita harus belajar dari PNG yang punya tim terkuat di dunia,” kata Gubernur Enembe.

Gubernur Enembe telah menugaskan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga, Terry Wanena untuk menindaklanjuti rencana ini.

Gubernur  Parkop saat menerima Gubernur Lukas Enembe di Port Moresby mengatakan  sepakbola di PNG saat ini telah menjelma menjadi salah satu kekuatan besar di Pasifik. Bahkan PNG nyaris lolos ke piala dunia 2018 namun dikalahkan oleh Selandia Baru yang kemudian kalah di pertandingan playoff dari Mexico.

Parkop mengatakan ia pernah mengundang Persipura untuk bertanding di PNG namun rencana tersebut belum terwujud.

“Mungkin karena Persipura takut dikalahkan oleh tim kami kah?” kata Gubernur Parkop kepada Gubernur Enembe .

Kedua gubernur berharap pertukaran dalam bidang olahraga antara kedua saudara yang berbeda negara ini bisa terwujud dalam waktu dekat. Keduanya juga sepakat bahwa pertukaran olahraga bisa menjadi pintu masuk kerjasama lainnya, termasuk kerjasama perekonomian.

Berkaitan dengan rencana kedua gubernur ini, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk PNG, Ronald JP. Manik mengaku sudah ada semacam MoU antara kedua menteri olahraga dari PNG dan Indonesia untuk melangsungkan pertukaran dibidang olahraga.

“Dalam MoU itu, sudah ada satu pasal yang menyebutkan pertukaran olahraga antara kedua negara, Indonesia dan PNG,” kata Dubes Manik.

Sehingga menurutnya, sangat tepat sekali jika PNG bisa mengirimkan tim rugbynya ke Papua dan Papua mengirimkan tim sepakbolanya ke PNG. Papua bisa belajar dari tim rugby PNG dan PNG bisa belajar dari tim sepakbola Papua yang merupakan tim terbaik di Indonesia.

Namun menurut Dubes Manik, pertukaran olahraga antara kedua provinsi ini tak hanya terbatas pada rugby dan sepakbola. Pingpong adalah salah satu olahraga yang diminati oleh rakyat PNG.

“PNG ini pernah menyurati kita untuk menyelenggarakan pertandingan eksebisi pingpong. Ini juga salah satu peluang pertukaran tersebut,” tambah Dubes Manik.

Lanjut Dubes Manik, pertukaran olahraga ini bisa menjadi cara yang paling simple untuk mewujudkan People to People Connect.  People to People Connect ini merupakan sarana yang paling mungkin untuk saling mengenal antara kedua provinsi, berikut masyarakat yang hidup di kedua provinsi tersebut. (*)

loading...

Sebelumnya

Bandara Sentani dan Merauke akan digunakan dalam penyelenggaraan APEC 2018

Selanjutnya

Gubernur Papua kunjungi MRDC PNG

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34425x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23054x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18983x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe