Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Percepat rute Jayapura – Mount Hagen, Gubernur Papua bertemu manajemen PNG Air
  • Jumat, 21 September 2018 — 16:15
  • 1679x views

Percepat rute Jayapura – Mount Hagen, Gubernur Papua bertemu manajemen PNG Air

Gubernur Papua bersama Dubes Indonesia untuk PNG, Ronald Manik berfoto bersama usai mendiskusikan rencana mempercepat pembukaan rute Jayapura – Mount Hagen – Jubi/Victor Mambor
Victor Mambor
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Untuk merealisasikan jalur udara antara Jayapura dan Mount Hagen di Papua Nugini (PNG), Gubernur Papua bertemu dengan General Manager PNG Air di Port Moresby, Kamis (20/9/2018).

Dalam pertemuan tersebut, baik Gubernur Enembe maupun Craig Chapple (General Manager PNG Air) kembali menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk mempercepat proses pembukaan rute udara yang telah direncanakan sejak tahun 2016 lalu.

“Jika jalur udara ini terbuka, maka keinginan kita untuk menjadikan Papua sebagai pintu gerbang ASEAN ke Pasifik bisa terwujud,” kata Gubernur Enembe.

Menurut Gubernur Enembe, awalnya rencana pembukaan rute udara ini diungkapkan delegasi PNG saat pertemuan antar pejabat perbatasan (border liasion meeting) di Port Moresby tahun 2016 lalu.

Mounthagen atau Mount Hagen merupakan Ibu Kota Provinsi Western Highlands, PNG. Satu dari 20 wilayah administrasi provinsi yang ada di negara yang terletak di bagian timur pulau PNG

PNG Air telah menyiapkan pesawat jenis ATR untuk melayani penerbangan langsung Mounthagen-Jayapura, dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

“Kami berharap rencana ini bisa segera terwujud. Karena rencana ini bisa menjadikan Papua sebagai hub (penghubung),” kata Craig Chapple.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia, untuk PNG Ronald JP. Manik yang mendampingi Gubernur Enembe mangatakan bahwa pembukaan rute udara antara Jayapura – Mount Hagen ini masih dalam tahapan diskusi antara kedua negara (PNG dan Indonesia).

“Tugas kita di KBRI kan hanya memfasilitasi. Keputusan tetap ada di kementerian terkait. Jika semua persyaratan telah terpenuhi, saya kira sudah harus jalan,” kata Dubes Manik.

Lanjut Dubes Manik, memang untuk pengurusan rute transportasi udara antar negara lebih rumit daripada rute transportasi darat maupun laut karena menyangkut keamanan manusia antar dua negara. Selain itu harus dipastikan juga hal-hal lainnya seperti penanganan di darat dan ketersediaan pesawat.

Juga harus dipastikan perwakilan maskapai yang beroperasi memiliki kantor di masing-masing destinasi. Misalnya kalau pesawat dari PNG terbang ke Jayapura, lalu harus parkir lebih dari satu hari di Jayapura, ini nanti siapa yang mengurusnya? Demikian juga sebaliknya, dari Jayapura ke Mount Hagen.

“Secara kebijakan, pemerintah pusat sudah setuju pembukaan rute Jayapura – Mount Hagen ini. Sudah ada pertukaran nota diplomatik soal ini. Mungkin secara teknis ada yang belum tuntas, seperti penanganan keimigrasian, karantina, asuransi dan hal-hal teknis lainnya,” ungkap Dubes Manik. (*)

loading...

Sebelumnya

Gubernur Papua kunjungi MRDC PNG

Selanjutnya

Festival Media AJI 2018, mendekatkan dan mengedukasi masyarakat

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34466x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23162x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19025x views
Lingkungan |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 15591x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe