Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Ini langkah Dinkes Papua mendongkrak capaian Imunisasi MR
  • Minggu, 23 September 2018 — 09:24
  • 837x views

Ini langkah Dinkes Papua mendongkrak capaian Imunisasi MR

“Untuk mengatasi semua ini, kami telah menyebarkan seluruh tenaga kesehatan dengan melakukan advokasi, koordinasi dan memberika semangat terutama di daerah-daerah minim capaian yaitu di Kabupaten Nduga, Yahukimo, dan Kabupaten Puncak Jaya,” katanya.
Ilustrasi salah satu anak di Kota Jayapura saat di imunisasi Measles, Rubella, dan Polio (MRP) – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Jean Bisay

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Untuk mendapatkan capaian pelaksanaan pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (campak dan rubella – MR) di Papua hingga 100 persen terhusus bagi kabupaten yang capaiannya di bawah 50 persen Dinas Kesehatan Papua telah membentuk tim untuk turun langsung ke kabupaten tersebut guna memberikan pemahaman secara intensif.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Papua, drg. Aloysius Giyai kepada wartawan, Jumat (21/9/2018) di Jayapura.

“Untuk mengatasi semua ini, kami telah menyebarkan seluruh tenaga kesehatan dengan melakukan advokasi, koordinasi dan memberika  semangat terutama di daerah-daerah minim capaian yaitu di Kabupaten Nduga, Yahukimo, dan Kabupaten Puncak Jaya,” katanya.

Selain tiga kabupaten tersebut, Giyai mengatakan ada beberapa kabupaten yang menjadi perhatian serius diantaranya Kabupaten Intan Jaya, Deyai dan Kabupaten Dogiyai. “Tiga kabupaten ini harus banyak belajar kepada Kabupaten Paniai, karena kabupaten Paniai capaianya sudah mencapai 96 persen,” ujarnya.

Dikatakan bahwa  Kabupaten Intan Jaya, Deyai dan Kabupaten Dogiyai letak geografisnya sama dengan Kabupaten Paniai. Selain letak geografisnya sama, menurut Giyai keempat kabupaten tersebut mempunyai budaya yang sama pula.

“Satu rumpun kok capaiannya berbeda? Kami sudah bersurat kepada bupati-bupati yang capaian kesehatannya di bawah standart karena saya akan umumkan ke publik bahwa apabila ada terjadi apa-apa soal kesehatan maka jangan salahkan siapa-siapa. Anda (para bupati) lakukan pembangunan untuk siapa? Seharunya pemerintah menjadi corong untuk suksesnya pelaksanaan imunisasi ini,” kata Giyai.

Disinggung dari 394 puskesmas yang ada di Papua, sudah berapa puskesmas yang telah melakukan pelaporan soal pemberian imunisasi MR, Giyai mengatakan sudah 373 puskesmas atau 82 persen yang melakukan pelaporan, sedangkan sisanya belum karena persoalan geografis.

“Mungkin sudah dilakukan namun belum dilaporkan karena masalah geografis dan jaringan internet. Saya berharap akhir September 2018 ini semua puskesmas yang ada di Papua sudah melakukan pelaporan terkait dengan pelaksanaan imunisasi tersebut. Mau itu capaiannya 100 persen atau 10 persen harus dilaporkan,” himbau Giyai.

Sebelumnya Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aron Rumainum menyesalkan sikap Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan di kabupaten yang selama ini kurang peduli dengan kesehatan masyarakatnya.

dr. Aron Rumainum menilai, kepedulian pejabat setempat sangat kurang pada sektor kesehatan. Padahal banyak program yang sudah digelontorkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi.

"Jujur, ini yang selama ini kami hadapi. Saya sudah turun langsung ke daerah-daerah, melihat Puskesmas. Saya harap ada kepedulian hati bersih sang pemimpin terutama kepala dinas kabupaten dan bupati-bupati untuk melihat hal ini terutama saat imunisasi campak dan rubella berlangsung agar semua terangkul," katanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Kabupaten di Papua kurang peduli soal Imunisasi MR

Selanjutnya

Papua, kasus malaria tertinggi di Indonesia

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34425x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23055x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18983x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe