Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Ahli kimia se Indonesia dan dunia berkumpul di Papua
  • Rabu, 26 September 2018 — 17:28
  • 1295x views

Ahli kimia se Indonesia dan dunia berkumpul di Papua

Antara lain memaparkan pelbagai makalah penelitian terkait bahan alam Papua yang siap dikomersialisasi atau dihilirisasi.
Suasana pelaksanaan “The 7th Internasional Conference Of The Indonesia Chemical Society (ICICS) - (Jubi/Hengky Yeimo).
Hengky Yeimo
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Himpunan Kimiawan Indonesia (HKI) Wilayah Papua dan Papua Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi internasional ketujuh kimiawan Indonesia atau “The 7th Internasional Conference Of The Indonesia Chemical Society (ICICS).

Konferensi bertajuk, “Indonesia and Papua's Natural Resources for the World Welfare” atau “Sumber Daya Alam Indonesia dan Papua untuk kesejahteraan dunia”. Konferensi ini dalam melibatkan kimiawan se- Indonesia.

Ketua panitia penyelenggara, Yohanes Negli mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari pada Senin-Kamis (24-27) September 2018. Acara Berlangsung di Grand Abe Hotel, Kota Jayapura. Kegiatan ini diprakarsai oleh himpunan Kimiawan Indonesia Papua dan Papua Barat dan jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih.

“Di hari pertama kegiatan pertemuan kegiatan satelit atau kegiatan peneliti se-papua. Kami dari Universitas dan lembaga riset membicarakan bagaimana memanfaatkan bahan-bahan hayati, bahan-bahan yang ada di alam Papua di dalam laut, darat, rawa, agar kami kelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,”katanya kepada wartawan, Rabu, (26/9/2018).

Negli mengatakan, semua lembaga riset yang ada di Papua akan mempresentasikan hasil risetnya sesuai bidangnya masing masing.

Dari semua komponen yang diundang seperti Fakultas MIPA, Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi dan Universitas seperti UOG, YAPIS, dan lembaga lembaga riset seperti Litbangkes BPTP Papua.

Sementara pada hari kedua, ketua jurusan kimia seluruh Indonesia membahas program kurikulum yang harus diubah dan diajarkan mengikuti perkembangan jaman.

Pada kegiatan itu, terpilih ketua Himpunan Kimiawan Indonesia, Tata H.P Brotosoedarmo, dosen Institut Pertanian Bogor

Sedangkan pada puncak kegiatan yang jatuh hari ini ( 26/9/2018) dilangsungkan konferensi nasional kimiawan, memaparkan pelbagai makalah penelitian terkait bahan alam Papua yang siap dikomersialisasi atau dihilirisasi.

“Suatu saat Papua memiliki pabrik bahan dasar . Biasanya bahan dari Papua tapi kami kirim bahan bahan Biofarma kimia farma di Jawa,”katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini telah dirancang dan disiapkan  sejak dua tahun yang lalu. "Peserta yang hadir dari beberapa negara, Amerika juga Thailand. Peserta dari Thailand, antara lain ketua Kimiawan Thailand Maureen G Kumaunang M.Si , dan ahli kimia Prof. Dr. Piyarat Boonsawang keduanya dari Prince Of Songkola University Thailand. Kemudian Ketua Himpunan kimiawan se Indonesia, Praktisi lembaga riset. Kami juga berterimakasih kepada Pemkab Keerom, Pemkot Jayapura, PT. Freeport Indonesia, PT. LNG di Bintuni, Bank Papua serta bantuan dari individu -individu," katanya.

Menurut Negli, pihaknya akan mencari waktu bicara dengan gubernur dan Litbang provinsi untuk membahas pengelolaan sumber daya alam Papua.

Ketua Himpunan Kimiawan Papua dan Papua Barat Frans Asmuruf mengatakan, ada 24 cabang wilayah di indonesia.

“Setiap tahun diadakan kongres dan konferensi. Kali ini Papua -Papua Barat mendapat kehormatan jadi tuan rumah,” . (*)
 

loading...

Sebelumnya

Ibu kota Maybrat akan dipindahkan dari Ayamaru ke Kumurkek

Selanjutnya

Menilik Jakub Skrzypski yang dituduh terlibat jual beli senjata di Wamena

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34425x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23055x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18983x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe