Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Upah ratusan juru pelihara situs tak dibayar sembilan bulan
  • Selasa, 06 November 2018 — 23:31
  • 266x views

Upah ratusan juru pelihara situs tak dibayar sembilan bulan

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan, sudah menerima pengaduan soal tak dibayarnya upah dari warga yang bekerja sebagai juru pelihara di situs Mansinam.
Warga Mansinam saat melakukan aksi demo di depan situs religi di pulau Mansinam belum lama ini karena belum teruma upah selama sembilan bulan - Jubi/Hans Arnold Kapisa.
Hans Kapisa
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi – Sebanyak 245 warga yang bertugas sebagai juru pelihara di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari tak menerima upah selama sembilan bulan sejak April hingga 2018. Padahal uang senilai Rp4 miliar dari Hibah Provinsi Papua Barat tahun 2018 sudah diterima oleh tim pengelola situs Mansinam.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan, sudah menerima pengaduan soal tak dibayarnya upah dari warga yang bekerja sebagai juru pelihara di situs Mansinam. Mandacan juga mengakui, keluhan warga Mansinam itu sudah disampaikan dalam rapat bersama badan pengelola situs. Dalam rapat tersebut disampaikan bahwa yang mengelola keuangan adalah bendahara.

“Sejak saya memimpin Provinsi ini, tahun 2017 kami sudah hibahkan anggaran sebesar Rp5 miliar dan di tahun 2018 ini juga kami sudah hibahkan dana Rp4 miliar, semuanya sudah diterima oleh pengelola situs. Sekarang tinggal penyelesaian pembayaran antara bendahara pengelola situs dengan warga Mansinam,” ujar Mandacan.

Mandacan juga meminta bendahara pengelola situs Mansinam agar segera mempertanggungjawabkan anggaran tersebut dan berikan penjelasan kepada masyarakat di pulau Mansinam. Dalam waktu dekat, Gubernur juga akan memanggil yang bersangkutan untuk dimintai kejelasan soal pembayaran upah juru pelihara.

“Dia akan kami panggil untuk bertanggungjawab terhadap pembayaran upah 245 pekerja di Pulau Mansinam. Karena hanya tiga bulan di awal tahun 2018 saja yang dibayar (Januari-Maret 2018), sedangkan  sembilan bulan belum dibayar. Tapi apabila uangnya sudah habis tanpa kejelasan dan ada pihak  yang dirugikan maka harus diaudit oleh penegak hukum," ujarnya.

Sementara itu, Festus Rumadas mewakili warga Mansinam dan tim pengelola situs Mansinam mengatakan bahwa selama ini tidak ada keterbukaan penggunaan anggaran tersebut dari bendahara kepada seluruh tim pengelola.

Dijelaskan Festus, 245 juru pelihara yang mengurus situs tersebut, bekerja berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua Barat, dan berdasarkan kesepakatan, waktu kerja tiga kali dalam seminggu dengan rincian pembayaran Rp80 ribu per hari kerja.

“Jadi kalau sebulan masing-masing dari 245 pekerja terima upah Rp960.000 kalikan saja dengan sembilan bulan yang belum terbayar,” ujarnya.

Sebelumnya, ratusan juru pelihara di Situs Mansinam sempat melakukan aksi penutupan situs religi sebagai bentuk protes. Dalam aksi ini mereka menuntut pembayaran honor yang menunggak hingga sembilan bulan. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Tunda beri proyek pada pengusaha OAP, Wagub tegur Kadis PU Papua Barat

Selanjutnya

Manusia, ancaman terbesar bagi Provinsi konservasi

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34140x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 20486x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17845x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe