Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Meepago
  3. Legislator: Pergantian Sekda Mimika harus sesuai prosedur
  • Selasa, 20 November 2018 — 19:08
  • 177x views

Legislator: Pergantian Sekda Mimika harus sesuai prosedur

"Kami berharap proses sampai pada pemberhentian sekda dan mengangkat sekda yang baru sesuai prosedur dan disertai alasan kuat, bukan atas dasar suka atau tidak suka," ujar Gobai, di Timika, Selasa (20/11/2018).
Sekda Mimika, Ausilius You – Jubi/YouTube
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Timika, Jubi - Legislator dari Partai Nasdem, Aser Gobai, minta pergantian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, yang menurut rencana akan digelar Kamis (22/11/2018), sesuai prosedur. Bupati Mimika Eltinus Omaleng memiliki kewenangan mengusulkan nama calon pejabat Pratama tersebut. Namun keputusan ada di tangan Gubernur Papua, Lukas Enembe, sebagai wakil dari pemerintah pusat, untuk menolak atau menerima usulan bupati.

"Kami berharap proses sampai pada pemberhentian sekda dan mengangkat sekda yang baru sesuai prosedur dan disertai alasan kuat, bukan atas dasar suka atau tidak suka," ujar Gobai, di Timika, Selasa (20/11/2018).

Hal ini disampaikan Gobai menyusul informasi, dua hari ke depan, Bupati Omaleng, akan mengganti Sekda Mimika yang saat ini dijabat Ausilius You, namun belum diketahui siapa yang akan menggantikannya.

Sebelumnya, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, mengagendakan pelantikan pejabat Pratama Mimika, Ausilius You, pada Senin (19/11/2018) di Timika. Namun, pejabat bersangkutan sementara berada di luar daerah maka ditunda pelaksanaannya pada Kamis (22/11/2018).

Bupati Omaleng, Senin (19/11/2018), mengatakan alasan penggantian pejabat sekda lantaran Ausilius You sudah lima tahun menjabat sebagai sekda. Omaleng juga tidak mengungkapkan alasan lain terkait pemberhentian Ausilius You.

Ausilius You, kata Omaleng, nantinya akan mengisi jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Mimika Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, menggantikan Christian Karubaba.

Sementara Christian Karubaba akan diangkat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, menggantikan Adolof Haley, yang sedang dalam proses pengobatan karena sakit.

Pejabat baru yang akan menggantikan Ausilius You untuk menempati posisi sekda, masih dirahasiakan Bupati Omaleng.

Aser Gobai menilai kinerja Ausilius You selama menjabat sekda cukup memuaskan, yang mana membantu Pemerintah Kabupaten Mimika dalam  penanganan, pengembangan, dan pembangunan selama lima tahun sehingga bisa berjalan dengan baik.

"Artinya, Ausilius You bisa menjabat sekda untuk beberapa tahun ke depan jika dilihat dari kinerjanya, dan itu dijamin, kendati masa jabatan sekda hanya lima tahun. Tapi kami menilai Ausilius masih bisa bekerja dengan baik selama menjabat. Kan lucu Ausilius turun menjadi staf ahli, artinya dia turun eselon," kata Gobai.

Menurut dia, para pejabat di sekitar bupati seharusnya memberikan telaah yang bijaksana sehingga ke depannya tidak terjadi polemik di Kabupaten Mimika sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Apalagi untuk menghadapi tugas akhir tahun yaitu penetapan APBD Induk Mimika 2019 yang mana sekda sebagai ketua tim anggaran eksekutif.

Pemberhentian Ausilius You sebagai Sekda Mimika yang dijadwalkan Kamis (22/11) bukan baru pertama. Sebelumnya Bupati Omaleng memberhentikan Ausilius dari jabatan sekda dan diganti oleh Alfred Dou sebagai Plt Sekda Mimika pada 9 Juni 2016 lalu.

Alfred kemudian menyatakan pengunduran dirinya pada 16 Januari 2017 dengan memperhatikan surat Mendagri nomor 821/7980/OTDA tanggal 17 Oktober 2016 yang diteruskan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, dengan surat nomor 133/14472/SET tanggal 23 November 2016 tentang pengaktifan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika. (*)

loading...

Sebelumnya

Drama pilkada Deiyai masih berlanjut

Selanjutnya

Plt Kadishub Mimika: Persoalan di Pelabuhan Paumako sangat kompleks

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34140x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 20508x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17853x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe