Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Plt Kadishub Mimika: Persoalan di Pelabuhan Paumako sangat kompleks
  • Rabu, 21 November 2018 — 20:58
  • 117x views

Plt Kadishub Mimika: Persoalan di Pelabuhan Paumako sangat kompleks

"Persoalan di Pelabuhan Paumako sudah sangat kompleks. Yang paling urgen sekarang ini terjadi penurunan sisi dermaga lama yang dibangun tahun 1999," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mimika, Yan Selamat Purba.
Ilustrasi, Pelabuhan Poumako di Kabupaten Mimika – Jubi/bumntoday.com
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Timika, Jubi - Pemerintah Kabupaten Mimika mengundang pihak Kementerian Perhubungan guna membahas dan mencari solusi terkait kerusakan fasilitas dermaga Pelabuhan Paumako.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mimika, Yan Selamat Purba, di Timika, Rabu (21/11/2018), mengatakan pertemuan dengan pihak Kemenhub direncanakan berlangsung di Timika, Senin (26/11/2018) pekan depan.

"Persoalan di Pelabuhan Paumako sudah sangat kompleks. Yang paling urgen sekarang ini terjadi penurunan sisi dermaga lama yang dibangun tahun 1999," ujarnya.

"Penurunannya sudah hampir satu meter dari sisi dermaga baru yang ada di sebelahnya. Makanya kami mengundang jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk membicarakan masalah ini," kata Purba menambahkan.

Ia mengatakan keberadaan dermaga Pelabuhan Paumako sangat vital untuk menghidupi perekonomian di wilayah Timika maupun sejumlah kabupaten di pedalaman Papua. Sebab seluruh bahan kebutuhan pokok, bahan bangunan, dan lainnya dipasok ke Timika melalui Pelabuhan Paumako.

Dengan kondisi dermaga lama yang mengalami penurunan terus-menerus itu, Dishub Mimika mengkhawatirkan suatu saat fasilitas tersebut bisa ambruk dan berisiko tinggi terhadap keselamatan warga yang melintas di lokasi itu.

Di sisi lain, katanya, saat ini aktivitas bongkar muat barang maupun penumpang kapal di Pelabuhan Paumako sangat tinggi.

Purba menerangkan selama enam tahun terakhir, Kemenhub tidak lagi mengucurkan anggaran untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas di Pelabuhan Nusantara Paumako.

Pelabuhan yang berlokasi di Distrik Mimika Timur itu dioperasikan oleh Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Paumako Kelas III.

Tidak adanya kucuran anggaran untuk pembenahan fasilitas Pelabuhan Paumako Timika tidak lepas dari masih adanya sengketa lahan di kawasan pelabuhan tersebut.

Kawasan Pelabuhan Paumako Timika sebetulnya sudah dibebaskan oleh Pemkab Mimika seluas 500 hektare sejak akhir tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an.

Namun, lokasi yang sama diklaim oleh pengusaha Soemitro, pemilik bisnis Serayu Grup Timika.

Atas persoalan tersebut, Pemkab Mimika telah meminta jajaran Kejaksaan Negeri Timika selaku pengacara negara untuk menyelesaikan sengketa kepemilikan lahan Pelabuhan Paumako dengan pengusaha Soemitro.

"Karena tidak ada kejelasan status lahan Pelabuhan Paumako maka sampai sekarang tidak pernah ada lagi anggaran dari Kemenhub yang turun di UPP Kelas III Paumako untuk perbaikan dermaga, terminal penumpang, dan fasilitas yang lain. Jadi, seakan-akan UPP Kelas III Paumako itu selama ini dianaktirikan," jelas Purba.

Ia berharap kehadiran jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub di Timika nantinya dapat menemukan solusi konkret untuk penataan dan pengembangan kawasan Pelabuhan Paumako yang sangat vital bagi kelangsungan perekonomian di Kabupaten Mimika dan kabupaten pedalaman lainnya di Papua.

Apalagi, Timika akan menjadi salah satu kota penyelenggara PON XX pada 2020.

"Kalau fasilitas dermaga Pelabuhan Paumako tidak juga diperbaiki, tentu akan menghambat penyelenggaraan PON tahun 2020 dimana sebagian besar pertandingan cabang olahraganya berlangsung di Timika," kata Purba. (*)

loading...

Sebelumnya

Kemenhub rencana bangun terminal kargo di Bandara Elelim

Selanjutnya

Dinas PU Biak Numfor fokus bangun air bersih di 16 titik

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34140x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 20488x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17846x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe