Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Potensi buah merah Papua
  • Senin, 26 November 2018 — 09:20
  • 126x views

Potensi buah merah Papua

Cara mengolah buah merah sehingga bisa menjadi ekstrak minyak dipamerkan pada acara pameran dan pergelaran pangan lokal Papua yang telah menjadi produk. Salah satu kelompok usaha telah memproduksi hingga dijual ke Jawa dan daerah lain di Indonesia.
Kelompok Usaha “Kumbu Lani Milinik” memamerkan cara kerja mesin pemeras buah merah – Jubi/Sindung Sukoco
Sindung Sukoco
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

BERBAGAI macam hasil olahan buah merah, buah tradisional dari Papua yang oleh masyarakat Wamena, Papua disebut kuansu dipamerkan dan diolah dalam acara “Pameran dan Pergelaran Pangan Lokal Menjadi Beraneka Macam Ragam Produk”. Bagaimana prospek bisnis buah merah?

Buah Merah bernama ilmiahnya Pandanus conoideus karena termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan. Namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri 5-8 meter yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang bagian bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Panjang buah merah bisa hingga 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah marun terang. Meskipun ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan.

Buah merah biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong, lalu direbus, dipanggang, atau dimasak dalam oven batu.

Biji dan daging buah merah pun bisa ditumbuk, dicampur dengan air, dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan. Selain itu, minyak ekstrak buah merah juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami yang tidak mengandung mikroorganisme patogen dan logam berat.

Kelompok Usaha “Kumbu Lani Milinik” di Kabupaten Jayapura salah satu yang tekun menggarap buah merah. Berdiri pada 2006 kelompok ini tetap aktif sampai sekarang. Bahkan kelompok ini sudah membuat sari buah merah (minyak buah merah) dan sabun kecantikan dari buah merah.

Ketua Kelompok Tani Kembu Lani, Marvince Weya, mengatakan kelompoknya memproduksi minyak buah merah dengan kapasitas produksi 800 hingga 1.000 liter per musim.

“Pengolahan ini dilakukan per musim, di mana setahun itu dibagi dua musim yaitu Juni-Juli dan November-Desember, yang justru kita butuhkan saat ini tenaga dan alat, untuk bahan baku sangat melimpah,” ujarnya.

Ia mengatakan hasil produksinya sudah dijual hingga ke Pulau Jawa dan daerah lain di Indonesia. Ia melayani pemesanan melalui online.

Salah satu produk olahannya adalah ekstrak minyak yang harga jualnya sampai Rp 1,5 juta per liter.

"Untuk botol kecil kaca berukuran 150-200 ml biasanya kami jual Rp 150 ribu," katanya.

Tingginya potensi harga jual dalam bentuk ekstrak ini merupakan peluang bagi petani untuk meningkatkan kesejahteraan.

Ia berharap usaha kelompoknya berkembang terus sehingga mampu menjadi industri rumah tangga berskala besar. Karena sekarang usahanya masih usaha rumahan, maka ia merasakan masih perlu mendapatkan banyak bimbingan dan pendampingan untuk maju.

Kepala Seksi Pembiayaan, Pengolahan, dan Pemasaran Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, Herbekti Riandjumahge, menginginkan pengolahan buah merah tak berhenti sampai pada ekstrak buah merah dan sabun, namun bisa dijadikan minuman berenergi dan sabun cair.

"Kita akan fokuskan pada 2019 nanti menggarap serius untuk minuman bagi atlet-atlet PON XX," ujarnya.

Ia mengatakan menggandeng Institut Pertanian Bogor untuk merinci dan memberikan informasi tepat, serta ramuan yang sesuai standar kesehatan untuk minuman buah merah, sehingga produk akan bisa ditingkatkan menjadi industri.

Buah merah, kata Herbekti, merupakan salah satu upaya hasil pengolahan dari produk-produk yang ada di Papua. Ekstrak atau jus nanas Bokondini juga merupakan ikon kebangkitan produk asli Papua yang akan turut diperkenalkan di PON 2020 nanti.

"Tak hanya itu, hasil turunan dari nanas dan buah merah ini juga akan ikut diperkenalkan, salah satunya adalah es krim buah merah dan menyusul lainnya khusus produk dari Binaan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua," ujarnya.

Buah merah (Pandanus conoideus, Lam) adalah tanaman spesies Papua merupakan tanaman khas atau endemik yang tumbuh secara alami, bebas pestisida, dan pupuk kimia. Buah ini sudah dikenal dan telah dikonsumsi sejak zaman dahulu oleh masyarakat Papua.

Pandanus tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 2.500 mdpl. Buah ini banyak ditemukan di lembah Baliem Wamena, Tolikara, Pegunungan Bintang, Pegunungan Tengah (Jayawijaya, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Nabire), Yahukimo, Jayapura, Sorong, dan Monokwari. Kemudian menyebar ke daerah lainnya di Papua.

Buah merah selain dijadikan minyak juga dimanfaatkan sebagai campuran masakan sayuran atau umbi-umbian, selai, kosmetika (sabun kecantikan), pewarna, roti kering, dan pakan ternak.

Mengkonsumsi buah merah dijadikan kebiasaan masyarakat tradisional Papua dan diyakini mampu menangkal penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, kolesterol, asam urat, kanker, dan sekaligus meningkatkan stamina atau menjaga daya tahan tubuh.

Tingginya kadar betakaroten dan tokoferol pada buah ini juga dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mengobati penderita kanker yang selama ini sulit disembuhkan. (*)

loading...

Sebelumnya

Mayoritas kebutuhan bapok di Papua dari provinsi lain

Selanjutnya

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Disperindagkop siap gelar pasar murah

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34420x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23017x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18979x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe