Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Tahun depan, Dinas Perkebunan Papua fokus kegiatan PON
  • Selasa, 04 Desember 2018 — 16:34
  • 322x views

Tahun depan, Dinas Perkebunan Papua fokus kegiatan PON

"Kami ingin mengantisipasi jangan sampai di kluster penyelenggara event olahraga nasional ini ternyata sumber benih yang tersedia tidak ada sehingga harus ada sinergi. Dengan demikian sukses PON dapat tercapai yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi, budaya, dan ekonomi," kata John, kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (4/12/2018).
Petani kakao sedang memisahkan biji kakao yang habis di panen - Dok. Jubi
Alexander Loen
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Mulai tahun depan (2019), Dinas Perkebunan Papua akan lebih fokuskan kerja untuk mendukung dan mensukseskan perhelatan olahraga empat tahunan (PON) di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua, John Nahumury, mengatakan upaya yang dilakukan pihaknya untuk mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020 adalah dengan cara menyediakan bibit unggul di lima kluster.

"Kami ingin mengantisipasi jangan sampai di kluster penyelenggara event olahraga nasional ini ternyata sumber benih yang tersedia tidak ada sehingga harus ada sinergi. Dengan demikian sukses PON dapat tercapai yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi, budaya, dan ekonomi," kata John, kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (4/12/2018).

Dirinya berharap dengan adanya penyediaan benih unggul dapat menghasilkan produk turunan yang kemudian dapat dikonsumsi oleh para atlet PON, dijadikan cinderamata, serta memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan petani perkebunan.

"Tentu dengan adanya bibit, nantinya kelompok masyarakat dapat menghasilkan produk berbahan dasar pangan lokal dari perkebunan seperti sagu, ubi, kopi, dan kakao yang dapat disiapkan untuk perhelatan PON XX," ujarnya. 

Staf Ahli Gubernur Papua, Ani Rumbiak, minta pemerintah kabupaten dan kota se-Papua untuk menyiapkan produk-produk turunan dari komoditas perkebunan asal Papua seperti kopi, kelapa, kakao, dan sagu untuk PON XX tahun 2020.

"Dengan melakukan ini tentu dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani perkebunan, dan perlu usaha yang bergerak di bidang perkebunan," kata Rumbiak.

Ke depan, ujar ia, pembangunan usaha perkebunan di Papua harus dilaksanakan dengan sistem agribisnis yang utuh mulai dari sub-sistem agro input, sub-sisten sistem usaha tani, sub-sistem pengelolaan hasil, sub-sistem pemasaran, serta didukung oleh kelembagaan tani yang kuat.

"Sumber daya alam di Papua sangat potensial khususnya sub-sektor perkebunan, sehingga harus benar-benar dikelola dan dimanfaatkan dengan baik," ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Gubernur Papua harap realisasi PBB-KB naik

Selanjutnya

APPSI akhirnya kunjungi Papua

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34424x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23035x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18981x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe