Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Ibu hamil jadi target pemeriksaan HIV
  • Selasa, 04 Desember 2018 — 23:07
  • 453x views

Ibu hamil jadi target pemeriksaan HIV

“Setiap momen dalam melakukan layanan kami selalu menyarankan kepada masyarakat untuk memeriksakan diri tanpa memandang dia pria maupun wanita karena virus ini tak memandang jenis kelamin, masih bayi, dewasa atau sudah tua,” ujarnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, I Nyoman Sriantari saat memberikan keterangan pers – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:37 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:24 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 08:58 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – 131 penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) khususnya di Papua masih diketahui dari bayi yang lahir. Untuk itu pihak Dinas Kesehatan Kota Jayapura melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap ibu-ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di Layanan Kesehatan (Yankes) baik di rumah sakit, puskesmas, klinik dan poliklinik.

“Zero New HIV Infection dapat diukur dari bayi yang lahir dari ibu hamil. Makanya sasaran kami adalah seluruh ibu hamil kami tes HIV, dan apabila ibu tersebut positif maka ibu tersebut wajib kami obati sehingga bayinya tidak tertular,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, I Nyoman Sriantari menjawab pertanyaan Jubi soal penderita HIV dan AIDS Kota Jayapura berada di peringkat lima di Papua, Selasa (4/12/2018) di Jayapura.

Dikatakan, target estimasi penderita HIV dan AIDS di Kota Jayapura sebanyak 9.000 namun pihaknya baru menemukan sedikitnya 6.000 kasus dan ini merupakan pekerjaan besar yang harus dilakukan oleh pihaknya dengan salah satu cara mengajak seluruh warga masyarakat yang mendiami Kota Jayapura untuk melakukan tes HIV.

“Setiap momen dalam melakukan layanan kami selalu menyarankan kepada masyarakat untuk memeriksakan diri tanpa memandang dia pria maupun wanita karena virus ini tak memandang jenis kelamin, masih bayi, dewasa atau sudah tua,” ujarnya.

I Nyoman mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sempat melakukan tes HIV dengan melibatkan seluruh masyarakat di Kota Jayapura terutama di Distrik Abepura dan Heram yang berlangsung di GOR Waringin, Kotaraja dan menurutnya masyarakat sangat antusias untuk memeriksakan dirinya.

“Ini menunjukan bahwa sebagian masyarakat Kota Jayapura sudah mulai sadar atas bahaya penyakit kronis tersebut. Selain itu kami juga melakukan kampanye Zero New HIV Infection, Zero Stigma and Discrimination dan Zero AIDS Related Death,” katanya.

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS, TB, dan Malaria (ATM) Dinas Kesehatan Papua, dr. Beery Wopari mengatakan upaya pengendalian HIV-AIDS dan infeksi menular seksual (IMS) dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran HIV-AIDS dan IMS di kalangan masyarakat. Salah satu pendekatan pengendalian HIV-AIDS dan IMS adalah perubahan perilaku berisiko.

“Bagi mereka yang sudah tertular HIV atau disebut orang dengan HIV-AIDS (ODHA), diberikan terapi antiretroviral (ARV) untuk mencegah kematian atau mortalitas, memperpanjang umur, dan meningkatkan kualitas hidupnya,” katanya kepada Jubi melalui sambungan telepon selularnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kota Jayapura targetkan zero HIV pada 2020

Selanjutnya

Sejak 2016, RSUD Kota Jayapura pembangunannya tak rampung

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34058x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18919x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17637x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe