Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Sejak 2016, RSUD Kota Jayapura pembangunannya tak rampung
  • Selasa, 04 Desember 2018 — 23:23
  • 677x views

Sejak 2016, RSUD Kota Jayapura pembangunannya tak rampung

“Yang lain belum karena anggaran dananya masih kecil sekali. Tetapi kami berharap tahun depan sudah bisa digunakan karena apabila tidak digunakan maka bangunan tersebut akan rusak,” ujarnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, I Nyoman Sriantari – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:37 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:24 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 08:58 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pembangunan Rumah Sakit (RS) tipe C di Koya Barat, Distrik Muara Tami yang merupakan RS milik Pemerintah Kota Jayapura baru mencapai  30 persen. Padahal pembangunan RS tersebut sudah masuk tahap ketiga atau sudah berjalan sejak 2016 lalu.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, I Nyoman Sriantari mengatakan awalnya pemerintah Kota Jayapura akan membangun RS bertaraf Internasional diatas lahan 12 hektar namun hingga kini apa yang diinginkan belum bisa terwujud.

“Sebenarnya kami ingin membuat (rumah sakit) yang bagus karena master plan awal mesti kami tinjau kembali pada tahun depan. Jadi kami saat ini sedang melakukan pembenahan sedikit demi sedikit sesuai dana dari DAK,” katanya menjawab pertanyaan Jubi soal progres pembangunan RS tersebut, Selasa (4/12/2018) di Jayapura.

Dikatakan, saat ini bangunan fisik yang sudah dibangun berupa ruangan anastesi, dan administrasi.

“Yang lain belum karena anggaran dananya masih kecil sekali. Tetapi kami berharap tahun depan sudah bisa digunakan karena apabila tidak digunakan maka bangunan tersebut akan rusak,” ujarnya.

Disinggung soal Dana Alokasi Khusus (DAK) yang setiap tahun dianggarkan, menurut I Nyoman Sriantari bahwa pihaknya hanya memasukkan pengajuan DAK untuk obat regular sedangkan untuk pembangunan infrastruktur RS tidak ada.

 “Tahun lalu karena tidak terserap anggarannya maka tahun ini kita tidak mendapatkan DAK untuk pembangunan RS, namun kami hanya mendapatkan DAK untuk renofasi beberapa puskesmas yang ada di Kota Jayapura,” katanya.

I Nyoman Sriantari pun menambahkan bahwa pihaknya sudah pernah melakukan komunikasi ke Kementerian Kesehatan RI soal pembangunan RS tersebut namun jawaban dari pihak Kemenkes RI bahwa harus ada riveuw audit dari BPKP dan prosesnya cukup lama.

“Kedepannya kami akan menyiapkan data-data yang mendukung sehingga tidak ada kendala. Dana yang sudah digunakan untuk pembangunan RS belum mencapai Rp 30 miliar. Kami berharap tahun depan proses pembanguannya bisa berjalan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kota Jayapura yang telah dirintis  mantan Walikota  MR. Kambu yang menjabat dua periode 2002-2011, sampai penggantinya Benhur Tommy Mano, Walikota Jayapura sekarang, belum memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Jayapura.

“Faktanya  bahwa sampai sekarang ini Pemerintah Kota Jayapura merupakan satu-satunya Kota  di Indonesia yang tidak memiliki rumah sakit,” kata drg. Aloysius Giyai.

Menurut Giyai, fakta ini membuktikan bahwa pemerintah Kota Jayapura tidak merealisasikan UUD tahun 1945, ayat 34 pasal 3. Fasilitas kesehatan yang memadai bagi warga kota belum ada. Artinya, negara melalui pemerintah Kota Jayapura tidak bertanggungjawab terhadap pelayanan kesehatan warga kota.

“Negara bertangungjawab atas fasilitas kesehatan dan fasilitas umum yang layak,” ujar Giyai. (*)

loading...

Sebelumnya

Ibu hamil jadi target pemeriksaan HIV

Selanjutnya

Dir Lantas Polda Papua: Mahasiswa punya SIM tapi belum tahu berlalu lintas yang baik

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34063x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18953x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17646x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe