Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Koran Jubi
  3. KNPI rekrut 8.000 sukarelawan PON
  • Rabu, 05 Desember 2018 — 05:28
  • 818x views

KNPI rekrut 8.000 sukarelawan PON

"Model perekrutan di daerah lima wilayah adat akan disiasati dengan kegiatan-kegiatan yang membangkitkan semangat pemuda-pemudi di lima wilayah tersebut"
Suasana jumpa pers yang digelar oleh Ketua KNPI Provinsi Papua, Albert Wanimbo - Jubi Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
Editor : Timoteus Marten
LipSus
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:37 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:24 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 08:58 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

KOMITE Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua akan merekrut sekitar 6.000 sampai 8.000 orang pemuda di lima wilayah adat untuk menjadi sukarelawan PON.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KNPI, Albert G. Wanimbo, mengatakan dalam waktu dekat pemuda akan mendeklarasikan sukarelawan dan pengukuhan sukarelawan PON oleh Ketua PON Papua. 

"Perekrutan relawan PON akan dilakukan di lima wilayah adat yang akan diselenggarakan PON, sesuai dengan venue. Wilayah adat Saireri di Biak,  Ha Anim di Merauke, Meepago di Timika, Lapago di Wamena, dan Mamta di Jayapura. Kami akan rekrut relawan tidak dari Jayapura namun kami akan turun di daerah daerah di atas," kata Albert Wanimbo, kepada wartawan, di sebuah hotel di Jayapura, Selasa (4/12/2018).

Albert Wanimbo mengatakan model perekrutan di daerah ini akan disiasati dengan kegiatan-kegiatan yang membangkitkan semangat pemuda-pemudi di lima wilayah adat.

"Kami akan melakukan road show di daerah-daerah yang akan diselenggarakan PON akan diselenggarakan fashion show, konser musik, tarian lokal dan modern. Kami akan stay selama lima hari di daerah  tersebut," katanya.

"Kami akan merangkul pemuda untuk mengikuti kegiatan dimaksudkan. Dalam kegiatan ini akan dihadiri oleh gubernur Papua, Ketua DPR Papua, dan pengurus besar PON," katanya lagi.

Pihaknya juga akan melakukan kampanye PON 20 Tahun 2020 secara masif di daerah-daerah tersebut.

"Kami akan menggunakan media mainstream, dan media sosial untuk mengkampanyekan terselenggaranya PON 20 Tahun 2020 di Bumi Cenderawasih," katanya.

Lanjut Albert, dalam acara ini akan dikemas dengan berbagai event saat Opening Ceremonial dan Closing Ceremonial pada saat PON berlangsung. Panitia juga akan menyiapkan paduan suara yang meriah.

"Ajang ini kami akan rekrut para pemusik, penari, putra-putri Papua, akan menjadi duta-duta PON, juru parkir, relawan kebersihan, relawan kesehatan, relawan video maker, relawan fotografi, relawan satgas PON di sana ada TNI/POLRI, pemuda Papua, tim dari Pemerintah Pusat, BSO KNPI, seniman yang menyiapkan souvenir PON, seperti noken, anting-anting, kalung, gelang, dsb. Aksesoris ini akan kita berikan kepada tamu-tamu kita," katanya.

Lebih lanjut Wanimbo mengatakan perekrutan ini akan dilaksanakan selama dua bulan selanjutnya akan diisi dengan latihan-latihan.

"Kegiatan ini akan mulai pada bulan Maret-Juli. Dan waktu selanjutnya kami akan gunakan untuk latihan-latihan persiapan menuju PON XX tahun 2020," katanya.

Lelaki lelahiran Wamena itu mengatakan tamu yang datang untuk PON bakal mencapai ribuan orang. Oleh karena itu, akan direkrut hingga 8.000 orang, baik dari Papua, maupun luar Papua.

"Penerimaan relawan selain kami akan turun di daerah-daerah, kami juga merekrutnya via online. Jika ada kawan kawan dari Indonesia timur yang berpartisipasi kami siap menerimanya," katanya.

"Kami juga akan bekerja sama dengan event organizer yang tangani PON Riau XVIII untuk melatih relawan-relawan yang sudah kami rekrut. Jadi anak-anak Papua di manapun menyiapkan dirinya, pengetahuan sesuai bidangnya secara baik untuk menjemput tamu tamu dari seluruh Indonesia yang akan hadir di Tanah Papua," lanjutnya.

Ia juga minta pimpinan dserah yang belum menyelesaikan venue PON 20 agar secepatnya diselesaikan.

"Karena mereka akan menyiapkan relawan di daerah-daerah untuk pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua.

Albert Wanimbo mengatakan kantor KNPI yang baru dibangun. Lantai empat akan dipakai untuk media center

"Semua wartawan cetak maupun elektronik akan dipusatkan di sana untuk mengawal proses terselenggaranya PON XX tahun 2020 di Papua," katanya.

Sementara itu, salah seorang pengurus KNPI, Yulianus Uropdana, mengatakan dirinya mendukung terselenggaranya PON XX tahun 2020 di Papua. 

"Sebagai pemuda saya mengapresiasi Ketua Relawan PON XX Bung Albert Wanimbo yang berusaha agar mengakomodir anak-anak Papua agar mereka mendapatkan pekerjaan dengan berfikir bagaimana PON ini bisa berjalan dengan baik," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Ratusan bibit sagu ditanam di Jayapura

Selanjutnya

Mengembalikan vegetasi hutan Papua

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34063x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18948x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17645x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe