Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pemilih wajib KTP-el, belum dapat diterapkan di Papua
  • Rabu, 05 Desember 2018 — 18:56
  • 507x views

Pemilih wajib KTP-el, belum dapat diterapkan di Papua

"Saya bukannya menolak aturan itu, tapi untuk saat ini belum bisa diterapkan di Papua karena sebagaian besar masyarakat Papua belum memiliki atau melakukan perekaman KTP-el," ucapnya. 
Ilustrasi proses pemungutan suara di wilayah pegunungan Papua - Jubi. Dok
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Anggota Fraksi Demokrat DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan, meski aturan mewajibkan setiap pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 wajib memiliki atau telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), namun hal tersebut belum dapat diberlakukan di Papua. 

"Mungkin ke depan bisa (dapat diberlakukan di Papua). Tapi untuk Pemilu 2019 mendatang belum, karena hingga kini sebagaian besar masyarakat Papua belum memiliki KTP-el atau melakukan perekaman," kata Thomas Sondegau kepada Jubi, Rabu (5/12/2018). 

Menurutnya, masyarakat Papua yang telah memiliki atau melakukan perekaman KTP-el dominan berada di wilayah kota atau daerah yang aksesnya mudah dijangkau. Sedangkan mereka yang ada di daerah yang sulit dijangkau misalnya kabupaten di wilayah pegunungan, sebagain besar belum melakukan perekaman. 

Katanya, yang dikhawatirkan ketika masyarakat yang merasa punya hak pilih akan protes saat tak dapat menggunakan hak pilihnya ketika Pemilu 2019 mendatang. 

"Misalnya ketika Pilgub lalu mereka dapat memilih, kemudian saat Pemilu mendatang tidak bisa menggunakan hak pilihnya, dia pasti protes, dan akan muncul masalah di lapangan. Kalau seperti itu, siapa yang harus bertanggung jawab," ujarnya. 

Ia mengatakan, mestinya jika aturan itu akan diterapkan, sejak jauh hari pihak terkait sudah melakukan berbagai upaya agar masyarakat yang punya hak pilih dapat memberikan suaranya pada Pemilu 2019. 

"Saya bukannya menolak aturan itu, tapi untuk saat ini belum bisa diterapkan di Papua karena sebagaian besar masyarakat Papua belum memiliki atau melakukan perekaman KTP-el," ucapnya. 

Hingga akhir Oktober 2018 lalu, dari 3,5 juta jumlah pemilih di Papua masih terdapat sekira 42 persen atau 1,7 juta pemilih yang belum memiliki KTP-el. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua terus berupaya agar pemilih yang belum memiliki KTP-el dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2019. 

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua bidang pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Tan Wie Long mengatakan, pemerintah dan pihak penyelenggara Pemilu harus memastikan setiap warga dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. 

"Kalau pasal 348 ayat 1 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang dijadikan acuan, kemungkinan terjadi penyusutan pemilih saat Pemilu 2019 mendatang," kata Tan Wie Long. 

Katanya, dalam pasal itu disebutkan, pemilih harus menggunakan (menunjukkan) KTP-el saat hari pemungutan suara. 

"Pemerintah dan pihak terkait harus segera memikirkan solusi bagi pemilih yang belum memiliki atau melakukan perekaman KTP-el, agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya mendatang," ucapnya. (*) 

loading...

Sebelumnya

16 Parpol dapat bantuan keuangan sesuai jumlah suara sah

Selanjutnya

15 orang korban di Nduga dipastikan meninggal dunia

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34069x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19059x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17664x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe