Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Mamta
  3. Sembilan tahun, pembangunan pabrik tepung betatas belum terwujud
  • Kamis, 06 Desember 2018 — 10:30
  • 507x views

Sembilan tahun, pembangunan pabrik tepung betatas belum terwujud

Ubi jalar, di Papua disebut betatas atau hipere – Jubi/Wikipedia bahasa Indonesia
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Tokoh pemuda Papua, Alberth Ali Kabiay, mendesak Pemerintah Provinsi Papua melalui instansi terkait segera merealisasikan pembangunan pabrik tepung betatas atau ubi jalar yang sudah diagendakan sejak tahun 2009.

"Kami mendesak Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Disperindagkop Papua segera membangun pabrik tepung betatas yang sudah diwacanakan sejak sembilan tahun lalu di Arso IV, Kabupaten Keerom," kata Alberth Ali Kabiay, di Kota Jayapura, Rabu (5/12/2018).

Menurut dia, dengan dibangunnya pabrik tepung betatas di Arso, Kabupaten Keerom, sudah pasti akan mendatangkan berbagai keuntungan bagi masyarakat sekitar, mulai dari hasil bumi berupa betatas akan terserap oleh perusahaan yang mengelola pabrik tersebut.

Lalu, pabrik tepung betatas tersebut akan membutuhkan tenaga kerja karena pabrik tersebut bukan saja akan menghasilkan tepung betatas tapi produk olahan turunan lainnya seperti biskuit dan lainnya, sehingga bisa dipastikan banyak warga Keerom dan sekitarnya akan terserap menjadi pekerja.

"Tapi sayang sudah dua kali ganti bupati di Keerom, mulai dari Pak Yusuf Wally, alamarhum Pak Celcius Watae yang digantikan oleh Pak Markum, pabrik yang mendapat bantuan mesin pengelolaan dari pemerintah pusat belum juga diwujudkan bentuknya," kata Kabiay, yang juga Ketua DPD Gerakan Rakyat Cinta (Gercin) NKRI Provinsi Papua.

Untuk itu, Ali sapaan akrabnya, mengajak para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendorong agar pembangunan pabrik tepung betatas di Arso IV, Kabupaten Keerom segera direalisasikan.

"Saya hanya khwatir saja, mesin pengolaan tepung betatas yang diberikan oleh pemerintah pusat akan rusak karena lama tidak digunakan. Kalau sudah begini, nanti siapa yang disalahkan? Tetapi yang pasti masyarakat yang dirugikan, karena sudah dibantu tetapi tidak diwujudkan," katanya.

Ali tidak ingin pembangunan pabrik tepung betatas di Keerom, akhirnya diendus oleh pihak kepolisian sebagai sebuah proyek yang mangkrak karena pembangunannya tidak juga rampung.

"Jangan sampai kasus ini dilirik polisi sehingga nanti yang punya hajatan akan diminta pertanggungjawaban. Saya juga sepakat dengan Pak John NR Gobay yang cek ke lapangan terkait ini," kata Alberth Ali Kabiay.

Sebelumnya, pada akhir November lalu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), John NR Gobay, melakukankan kunjungan kerja sebagai legislator di Arso IV, Kabupaten Keerom, guna melihat sejauh mana wacana pembangunan pabrik tepung betatas yang akan dibangun di atas lahan seluas 10 hektare.

Di sana, John yang merupakan anggota DPRP dari jalur pengangkatan Otonomi Khusus menemui sejumlah hal, di antaranya pembanguan pabrik betatas itu belum rampung juga, hanya ada beberapa bangunan tetapi tidak ada pengolahan ataupun produksinya.

Sehingga, John yang juga ketua Dewan Adat Paniai minta Disperindagkop Provinsi Papua untuk segera menyelesaikan amanat yang diberikan guna pembangunan pabrik tepung betatas itu hingga selesai.

"Disperindagkop harus segera mengajukan penganggarannya ke pemerintah provinsi sehingga pada 2019 pabrik tepung betatas ini bisa dibangun 100 persen, jangan sampai mangkrak," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Suara dari anak noken

Selanjutnya

Balai POM: Teliti sebelum membeli, lihat masa kadaluarsa makanan

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34069x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19089x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17668x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe