Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Harga Sembako mulai naik, Pemkot Jayapura Sidak ke sejumlah pasar
  • Kamis, 06 Desember 2018 — 18:54
  • 759x views

Harga Sembako mulai naik, Pemkot Jayapura Sidak ke sejumlah pasar

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan dari hasil sidak tersebut ada beberapa sembako yang mengalami kenaikan, ada yang harganya stabil dan ada juga yang mengalami penurunan harga.
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat berinteraksi dengan salah satu pedagang di Pasar Youtefa, Abepura – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:37 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:24 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 08:58 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi -  Pemerintah Kota Jayapura melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau kenaikan harga khususnya jelang hari besar keagamaan. Turun dengan kekuatan penuh yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindakop) Kota Jayapura, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM), Bank Indonesia, dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jayapura. Tim ini pun dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru.

Sidak pertama dilakukan di Pasar Youtefa, swalayan Hypermart, Saga dan terakhir di Agro Segar Abepura. Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan dari hasil sidak tersebut ada beberapa sembako yang mengalami kenaikan, ada yang harganya stabil dan ada juga yang mengalami penurunan harga.

Komoditi yang mengalami kenaikan pesat yaitu cabe rawit. Sedangkan bawang putih, bawang merah dan sayur-sayuran masih stabil harganya. Begitupun dengan beras Bulog dan juga beras lokal baik yang diproduksi dari wilayah Kabupaten Merauke maupun dan Kabupaten Keerom.

Untuk telur ayam kampung dan ayam ras, khusus untuk local, harganya naik sedangkan telur yang didatangkan dari Surabaya mengalami kenaikkan namun tidak signifikan.

“Yang paling terasa itu kenaikkan harga cabe rawit, di mana pada minggu lalu satu kilonya dijual Rp35 ribu tapi tadi ketika kami melakukan sidak ternyata naik menjadi Rp75 ribu hingga Rp 80 ribu per kilo. Ini disebabkan karena para distributor menaikkan harganya,” kata Rustan Saru kepada wartawan usai melakukan sidak, Kamis (6/12/2018).

Dikatakan, kenaikkan harga cabai tersebut bukan karena ketersediaannya di Papua khususnya di Jayapura menipis, namun ada oknum-oknum pedagang (spekulan) yang dengan sengaja menaikkan harga tersebut menjelang perayaan hari raya keagamaan dan hal tersebut sering dilakukan.

“Kami akan memanggil para petani tersebut untuk duduk bersama. Kami berharap kenaikkan tersebut jangan sampai membebankan masyarakat. Untuk masalah kenaikkan harga harus bisa dilihat apakah pupuk juga mengalami kenaikkan atau tidak, atau faktor cuaca yang ekstrim sehingga gagal panen. Ini bisa menyebabkan kenaikkan harga. Namun kalau tidak ada, maka ini patut dibicarakan lagi dengan para petani,” ujarnya.

 

Stok aman hingga Januari 2019

Dari sidak tersebut menurut Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru untuk stok sembako khusus di Kota Jayapura aman hingga akhir bulan Januari 2019 mendatang.

“Di Hypermart, Saga, dan Agro Segar saya lihat stoknya masih aman. Jadi masyarakat tidak perlu kuatir akan kehabisan stok. Dan saya mengimbau kepada para distributor untuk tidak melakukan penimbunan, karena apabila ditemukan maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pemeriksaan Balai POM Papua, Tumpridati Ani Ningsih menambahkan dalam sidak yang dilakukan pihaknya menemukan ada beberapa bumbu dapur kemasan yang sudah lewat dari masa kadaluarsanya namun masih dijual oleh para pedangang.

“Produknya kami langsung sita. Bumbu masakan tersebut kami dapatkan di Pasar Youtefa dan pedagang tersebut kami berikan edukasi dan menghimbau untuk tidak menjual barang yang sudah kadaluarsa. Dan apabila dikemudian hari masih kedapatan menjual barang-barang yang sudah kadaluarsa maka kami langsung menindaknya,” katanya menjawab pertanyaan Jubi.

Dikatakan, pihaknya selalu berkomunikasi dengan Disperindakop dalam melakukan penertiban hingga penyitaan barang kadaluarsa.

“Soal pencabutan surat izin usaha akan dilakukan oleh pihak Disperindakop. Jadi kalau ada pedagang yang menyalahi aturan maka surat ijin usahanya dicabut, dan yang bersangkutan apabila ingin mendapatkan surat ijin lagi maka akan ditinjau kembali,” ujarnya.

Magdalena Sombe satu diantara pedagang sembako di Pasar Youtefa mengaku bahwa harga bawang merah, dan cabe rawit memang mengalami kenaikkan dan kenaikkan tersebut memang datang dari para petani itu sendiri.

“Saya belinya juga mahal ke petani jadi saya menjual kembali juga mahal. Saya hanya pedagang, untuk urusan naik tidaknya sudah ditentukan oleh para petani,” katanya singkat.

Manajer Saga Mall, Abepura Haris Manuputi mengatakan untuk stok sembako di Saga sudah aman hingga tahun depan.

“Kami selalu menyediakan stok lebih apalagi menjelang hari raya keagamaan. Dan yang paling banyak kami stok yaitu menjelang Desember, karena di sini mayoritas umat Nasrani,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Penjual pernak-pernik Natal bisa beromzet jutaan rupiah

Selanjutnya

Konflik Nduga, Pertamina tunggu situasi kondusif untuk distribusi BBM

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34065x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19010x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17654x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe