Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Remaja harus mampu bersuara dalam pembangunan
  • Kamis, 06 Desember 2018 — 20:26
  • 625x views

Remaja harus mampu bersuara dalam pembangunan

Ketua Yayasan Noken Papua, Nani Uji Pundu, mengatakan tujuan kegiatan ini agar semua remaja di setiap kampung maupun di tingkat distrik dapat berpartisipasi dalam setiap agenda pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.
Para peserta kegiatan saat foto bersama dengan Bupati Jayapura – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:37 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 17:24 WP
Features |
Senin, 10 Desember 2018 | 08:58 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi - Remaja di Papua dewasa ini menghadapi berbagai risiko kesehatan reproduksi (kespro) dan seksual. Risiko itu tidak saja karena perilaku remaja yang rentan, tetapi juga daya dukung lingkungan yang tidak memadai.

Misalnya, kurangnya ketersediaan informasi yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan mengenai kespro dan seksual, apalagi mengenai hak-hak remaja terkait hal tersebut.

Beberapa risiko yang dihadapi remaja saat ini seperti kekerasan seksual, kekerasan pada masa pacaran, kehamilan tidak direncanakan, risiko aborsi tidak aman, infeksi menular seksual, HIV-AIDS, dan penyalahgunaan narkoba dan minuman beralkohol (minol).

Sebagai langkah untuk menghadapi situasi di atas, Yayasan Noken Papua (YAKENPA) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dan dukungan UNICEF Indonesia, mengadakan kegiatan pelatihan dan lokakarya Program Remaja dan Partisipasi Remaja.

Kegiatan yang digelar di Hotel Grand Alison Sentani, 4-7 Desember 2018 ini, menghadirkan sejumlah remaja masjid, gereja, dan perwakilan dari masing-masing kampung.

Ketua Yayasan Noken Papua, Nani Uji Pundu, mengatakan tujuan kegiatan ini agar semua remaja di setiap kampung maupun di tingkat distrik dapat berpartisipasi dalam setiap agenda pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Hal terkecil adalah mengikuti kegiatan musrembang di tingkat kampung. Remaja juga diharapkan mampu bersuara di forum tersebut untuk menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh pemerintah terkait pembangunan yang menyentuh langsung bagi para remaja di setiap kampung. Oleh sebab itu instansi teknis juga diharapkan mampu mendesain program-program kerja bagi para remaja,” jelas Nani.

Salah satu trainer dalam kegiatan tersebut, Saskia Raisa Putri, dari Jakarta mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya sebagai trainer para remaja menggunakan modul dari Adolescents Development and Participation (ADAP) course yang sudah dikembangkan di Australia yang fokus pada pengembangan remaja. Modul seperti ini, kata Saskia, sudah digunakan oleh banyak kota di Indonesia.

“Ini kali kedua kegiatan yang sama dilakukan di untuk Papua. Kita membahas banyak isu yang berkaitan dengan perkembangan remaja, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga ketenagakerjaan. Termasuk bagaimana cara melibatkan remaja secara aktif untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Tentunya suara para remaja ini juga harus didengarkan di setiap forum atau apa saja yang menjadi pendapat mereka,” jelasnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Disperindag Jayapura akan gelar pasar murah

Selanjutnya

Kampanye lingkungan lewat Festival Cycloop

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34066x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 19019x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 17658x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe