Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Tsunami landa beberapa pulau di Vanuatu
  • Jumat, 07 Desember 2018 — 14:11
  • 6085x views

Tsunami landa beberapa pulau di Vanuatu

Kedua daerah itu berada di pinggiran pantai barat daya dan selatan pulau itu, menghadap langsung ke arah Kepulauan Loyalty.
Buku-buku, pensil warna, dan boneka yang tersebar setelah tsunami melanda Sekolah Dasar Prancis di Aneityum. - DVU/Joseph Yasifu
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi - Tsunami yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 7,6 SR di lepas pantai Kepulauan Loyalty, Kaledonia Baru, telah merusak Sekolah Dasar Prancis, rumah-rumah, dan taman di pinggiran pantai Pulau Aneityum di Vanuatu.

Hingga pukul 6 sore, Rabu kemarin (05/12/2018), tidak ada laporan korban tewas dari pulau itu.

Hudson Mataiyo dan Joseph Yasifu, keduanya merupakan warga lokal yang tinggal di Aneityum, Rabu kemarin melaporkan kerusakan atas rumah-rumah akibat tsunami di Anelcauhat dan Umeij, dua desa utama di pulau itu.

Kedua daerah itu berada di pinggiran pantai barat daya dan selatan pulau itu, menghadap langsung ke arah Kepulauan Loyalty.

Akibat kendala komunikasi, belum ada laporan dari Port Patrick, pusat kota lainnya di sebelah utara pulau Aneityum.

Di Umeij, gelombang tsunami masuk ke daratan hingga hampir 200 meter, melanda Sekolah Dasar Prancis di desa itu, merobohkan dinding batu bata di satu ruang kelas semi-permanen, dan membanjiri buku-buku pelajaran milik anak-anak sekolah, serta merusak satu ruang belajar lainnya.

Untungnya, tidak ada anak-anak yang menggunakan ruang kelas itu ketika tsunami melanda.

Dua rumah warga di seberang sungai yang terletak di sebelah sekolah itu, juga disapu bersih oleh tsunami.

Di ujung lain Desa Umeij, di mana terletak satu lagi sungai lainnya, air sungai saat tsunami dilaporkan naik hingga mencapai dua meter.

Umeij, dikenal sebagai desa paling selatan di Vanuatu, terletak di perbatasan dengan Kaledonia Baru, melaporkan kerusakan paling parah akibat tsunami, Rabu kemarin.

Sementara itu di Anelcauhat, desa lainnya di Aneityum, kediaman warga di daerah pinggiran pantai dan tanaman talas yang dibudidayakan di lahan rawa, juga dilaporkan rusak akibat terjangan gelombang.

Sejumlah foto SMP Teruja di Anelcauhat yang beredar, menunjukkan air laut mencapai ke lapangan bermain sekolah itu. Pemerintah Vanuatu sebelumnya pernah berjanji, untuk memindahkan SMP Teruja ke lahan di dataran yang lebih tinggi, namun relokasi itu belum terwujud sampai saat ini.

Menurut laporan yang diterima Daily Post, banyak warga di pulau itu yang sudah mendengarkan peringatan tsunami, dan segera melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Dampak tsunami juga dilaporkan terjadi di Pulau Tanna, Aniwa dan Efate. (Daily Post)

loading...

Sebelumnya

Gender dan keamanan di Pulau Manus

Selanjutnya

Mantan menteri desak Raja Tonga bubarkan parlemen

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Kamis, 06 Desember 2018 WP | 34420x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 23018x views
Polhukam |— Minggu, 09 Desember 2018 WP | 18979x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe