Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Siklop sangat penting bagi kehidupan manusia
  • Minggu, 09 Desember 2018 — 13:38
  • 439x views

Siklop sangat penting bagi kehidupan manusia

Dalam upaya bersama dalam pengelolaan cagar alam Siklop perlu dilakukan secara tepat dan cermat sehingga pencapaian upaya strategis pengelolaan cagar alam Siklop dapat tercipta sehingga pengelolaan kawasan konservasi yang berbasis pendekatan sosial dan kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat terwujud.
Staf Ahli Gubernur Papua, Ani Rumbiak, dan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, beserta panitia pelaksana saat pembukaan Festival Siklop - Jubi/IST

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Gubernur Papua dalam sambutannya pada pembukaan Festival Siklop 2018 di Kawasan pesisir Pantai Pasir Enam Distrik Ravenirara Kabupaten, yang dibacakan Staf ahli bidang Hukum dan Pemerintahan, Ani Rumbiak, mengatakan kawasan cagar alam Siklop sangat penting bagi kehidupan umat manusia.

Pegunungan Siklop yang luasnya mencapai 31.479,84 hektare, kata Ani, ditetapkan menjadi kawasan cagar alam berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor 56/KPTS/Um/I/1978, menjadi bagian penting habitat flora dan fauna endemik serta tata kelola air sebagai sumber kehidupan masyarakat yang hidup di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Dijelaskan, dalam usianya yang telah mencapai seperempat abad ini, anyak manfaat yang diperoleh, tetapi juga banyak hal negatif yang sudah dilakukan manusia di kawasan konservasi ini.

“Di waktu-waktu yang akan datang tentunya ada dampak yang akan kita rasakan. Tetapi upaya penyelamatan melalui kegiatan seperti saat ini sangat penting agar kawasan cagar alam Siklop tetap lestari,” ujar Ani Rumbiak, Sabtu (8/12/2018).

Dikatakan, dalam upaya bersama dalam pengelolaan cagar alam Siklop perlu dilakukan secara tepat dan cermat sehingga pencapaian upaya strategis pengelolaan cagar alam Siklop dapat tercipta sehingga pengelolaan kawasan konservasi yang berbasis pendekatan sosial dan kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat terwujud.

“Kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini disampaikan banyak terima kasih. Pemerintah Provinsi Papua tetap akan memberikan dukungan penuh untuk kelestarian cagar alam Siklop,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, dalam kesempatan yang sama mengatakan Pemerintah Pusat telah mengeluarkan regulasi yang mengatur tentang Gunung Siklop sebagai kawasan cagar alam.

Artinya, lanjut Awoitauw, dalam kawasan cagar alam ini terdapat habitat flora dan fauna endemik yang tidak dimiliki oleh hutan lain di Indonesia.

“Habitat yang hidup dan tinggal dalam kawasan cagar alam Siklop ini merupakan kekayaan kita yang sangat luar biasa. Selain itu, kawasan ini menjadi sumber air bagi masyarakat yang tinggal di Kota dan Kabupaten Jayapura. Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk menjaga dan melestarikannya dengan baik,” katanya. (*)  

loading...

Sebelumnya

Kampanye lingkungan lewat Festival Cycloop

Selanjutnya

Bupati Jayapura: Gunung Siklop pernah mengancam kehidupan kita

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe