Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Birokrasi harus efisien, OPD harus kompak
  • Rabu, 12 Desember 2018 — 17:13
  • 349x views

Birokrasi harus efisien, OPD harus kompak

“Kebijakan yang turun hingga ke kampung dari program unggulan seperti adanya tenaga penyuluh, pendamping, dan sebagainya. OPD harus bersinergi di sana. Semuanya didukung dengan alokasi dana kampung yang diturunkan. Birokrasi harus efisien dan OPD harus kompak,” katanya.
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat berdiskusi dengan pengrajin lokal di stand Dinas Kebudayaan dan Pariwisata - Jubi/Engel Wally

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Memasuki satu tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, jajaran Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar pameran pembangunan di Aula lantai III Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani, Rabu (12/12/2018).

Terkait rencana mendatang, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan akan melakukan pembenahan sistem pelayanan birokrasi kepada masyarakat, yaitu bagaimana birokrasi ini harus efesien dan efektif.

Menurutnya, hal ini memang tidak mudah karena birokrasi dalam pemerintahan, baik di tingkat pusat, kementerian, provinsi, hingga daerah, selalu menjadi persoalan.

“Kabupaten Jayapura berdiri dengan semua potensi sumber daya alam yang dimiliki. Perikanan dan kelautan, pertanian, tanaman pangan, pariwisata, dan ekonomi kerakyatan. Ketika kita berbicara ini, maka setiap OPD harus meninggalkan ego sektoralnya karena daerah sudah memiliki komoditi unggulan,” ujar Bupati Awoitauw.

Dikatakan, pendidikan dan kesehatan sudah menjadi program unggulan. Pendidikan dasar dan sekolah dengan pola asrama, setiap OPD yang tidak ada hubungannya dengan kebijakan ini harus menyesuaikan diri. Misalnya kita bicara soal gizi, maka instansi teknis seperti ketahanan pangan, pertanian, perikanan, dan peternakan sudah dapat mengambil tanggung jawab untuk bersinergi.

“Kebijakan yang turun hingga ke kampung dari program unggulan seperti adanya tenaga penyuluh, pendamping, dan sebagainya. OPD harus bersinergi di sana. Semuanya didukung dengan alokasi dana kampung yang diturunkan. Birokrasi harus efisien dan OPD harus kompak,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Bupati, ketika saat ini kita berbicara soal kabupaten ramah anak, kabupaten bebas sampah, sanitasi, dan lain sebagainya, OPD harus cepat menangkap hal ini dan saling bersinergi sesuai dengan kebijakan yang ada.

“Untuk memudahkannya, tahun depan semua kebijakan akan diturunkan ke pemerintah distrik yang menjadi pusat data, informasi, dan pelatihan, serta pelayanan publik. Hal ini akan lebih memudahkan dan sederhana dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw, menyatakan sangat mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Jayapura dalam kepempinnanya selama setahun ini.

Kerja-kerja pemerintah ke depan harus berjalan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah ditetapkan dan yang terpenting adalah adanya koordinasi yang baik antar OPD.

“Dari sisi pengelolaan keuangan daerah sudah cukup baik, pelayanan publik perlu ditingkatkan. Yang terpenting lagi tugas dan fungsi yang diberikan sesuai dengan program dan anggaran yang ditetapkan,” pungkasnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Dobonholo, hutan sumber air kehidupan

Selanjutnya

DPRD Jayapura: Penertiban PKL oleh Distrik Sentani, keputusan sepihak

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe