TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kecewa tak digubris eksekutif, legislator ajak hapus agenda reses dan kunker
  • Sabtu, 03 Desember 2016 — 09:38
  • 730x views

Kecewa tak digubris eksekutif, legislator ajak hapus agenda reses dan kunker

"Saya menilai sidang RAPBD induk Papua 2017 kali ini hanya formalitas. Aspirasi masyarakat yang kami usulkan kepada mitra kami di komisi ketika pembahasan dengan mereka tak diakomodir. Tak ada perubahan sama sekali dalam anggaran. Apa gunanya kami reses dan kunker menjaring aspirasi masyarakat kalau aspirasi itu tak diakomodir eksekutif ketika kami sampaikan," kata Lazarus Siep, Jumat (2/12/2016).
Kunjungan kerja salah satu anggota DPRP ke LP Abepura pada tahun 2015 lalu - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
[email protected]
Editor : Kyoshi Rasiey
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Papua, Lazarus Siep menyatakan sebaiknya agenda reses dan kunjungan kerja (kunker) di DPR Papua sebaiknya ditiadakan.
Hal itu dikatakan anggota Komisi IV DPR Papua tersebut lantaran kesal karena menilai SKPD di lingkungan Pemprov Papua tak pernah mengakomodir aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota dewan ketika mereka reses ke dapil masing-masing atau melakukan kunker.

Ia menilai pihak eksekutif seakan-akan mengambil keputusan sepihak dalam hal alokasi aggaran dan program.

"Saya menilai sidang RAPBD induk Papua 2017 kali ini hanya formalitas. Aspirasi masyarakat yang kami usulkan kepada mitra kami di komisi ketika pembahasan dengan mereka tak diakomodir. Tak ada perubahan sama sekali dalam anggaran. Apa gunanya kami reses dan kunker menjaring aspirasi masyarakat kalau aspirasi itu tak diakomodir eksekutif ketika kami sampaikan," kata Lazarus Siep, Jumat (2/12/2016).

Menurut dia, akibatnya masyarakat agenda kunker dan reses para legislator hanya formalitas. Tak ada hasilnya terhadap masyarakat. Aspirasi masyarakat seakan tak pernah ditindaklanjuti. Ketika dewan melakukan reses dan kunker nanti, lanjut Siep, tentu masyarakat akan bertanya apakah aspirasi mereka sudah diakomodir.

"Kami mau jawab apa. Harusnya aspirasi masyarakat yang kami sampaikan ke setiap SKPD bisa diakomodir. Kalau aspirasi rakyat yang kami sampaikan tak diakomodir, lebih baik DPR Papua tak perlu ada agenda reses dan kunker.," ucapnya.

Ia berharap, kedepan pihak eksekutif memperhatikan hal tersebut agar tugas dan fungsi DPR Papua nyata. Jangan sampai masyarakat berpikir, dewan tak meneruskan aspirasi mereka.

"Jadi pembahasan RAPBD itu perlu mengakomodir aspirasi masyarakat yang diusulkan dewan sesuai hasil kunker dan reses. Itukan bukan pemikiran kami pribadi," katanya.

Ketua Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura) DPR Papua, Yan Permenas Mandenas juga menyebut sidang RAPBD 2017 hanya formalitas. Tidak mengedepankan asas manfaat untuk mencapai penyerapan anggaran lebih baik pada 2017.

"Kalau mau sesuai aturan harus transparan. Kalau tidak, akan terjadi kesepakatan-kesepakatan politik antar dewan dengan eksekutif secara tertutup. Mengesampingkan kepentingan masyarakat. Jangan terus mengulangi kesalahan yang sama," kata Yan.

Menurutnya, kondisi seperti itu membuka peluang semakin banyak kompromi-kompromi antar eksekutif dan legislatif. Akibatnya tidak memperhatikan kebutuhan prioritas masyarakat yang wajib dilakukan Pemprov Papua dalam pembangunan jangka pendek dan menengah. (*)

loading...

Sebelumnya

Lima anggota KNPB ditahan karena graffiti Papua Merdeka

Selanjutnya

Penggunaan sistem noken, legislator sebut Panwaslu dilema

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe