Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Pasca moratorium, pengiriman ikan keluar daerah meningkat
  • Rabu, 12 Desember 2018 — 18:38
  • 614x views

Pasca moratorium, pengiriman ikan keluar daerah meningkat

“Memang yang dikirim adalah ikan beku, segar, maupun kering. Itu dilakukan oleh pengusaha, baik yang memiliki badan hukum maupun perorangan. Pengiriman masih fokus di tiga daerah, yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar,” uja Rohmah, kepada wartawan, Rabu (12/12/2018).
Kepala Stasiun Karantina Ikan Kabupaten Merauke, Nikmatul Rohmah, pada acara ekspor perdana gelembung ikan, beberapa waktu lalu – Jubi/Frans L Kobun

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kabupaten Merauke, Nikmatul Rohmah, mengungkapkan pasca moratorium yang diterbitkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, hasil penangkapan serta pengiriman ikan keluar daerah mengalami peningkatan.

“Memang yang dikirim adalah ikan beku, segar, maupun kering. Itu dilakukan oleh pengusaha, baik yang memiliki badan hukum maupun perorangan. Pengiriman masih fokus di tiga daerah, yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar,” uja Rohmah, kepada wartawan, Rabu (12/12/2018).

Ditambahkan, pengiriman ikan ke tiga daerah tersebut sejak tahun 2015 mengalami peningkatakan signifikan.

Pada tahun 2015, menurutnya, sejak moratorium dikeluarkan, ikan yang dikirim pengusaha lokal Merauke keluar daerah mencapai 6.000 ton.

Tahun 2016 meningkat menjadi 10.000 ton dan tahun 2017 terjadi kenaikan lagi hingga 11.000 ton.

“Untuk tahun 2018, hingga November in, sudah mencapai 15.000 ton,” katanya.

Dikatakan, tiap bulan terjadi peningkatan, baik penangkapan maupun pengiriman ikan keluar daerah. Karena potensi ikan di Kabupaten Merauke dalam beberapa tahun terakhir, meningkat tajam.

“Kami juga terus memberikan motivasi kepada para pelaku usaha agar tak hanya mengirim ikan dalam wilayah Indonesia saja. Tetapi harus berpikir membuka akses pengiriman keluar negeri,” katanya.

Dalam setiap pertemuan, katanya, ia selalu mengingatkan pelaku usaha mengembangkan pengiriman ikan ke luar negeri. Karena ini adalah kesempatan sangat baik, mengingat potensi ikan setiap tahun terus meningkat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Suhono Suryo, menambahkan pihaknya selalu mendapatkan laporan kalau penangkapan ikan oleh nelayan terus mengalami peningkatan.

Bahkan, menurutnya, nelayan lokal di daerah pedalaman, tak bisa menjual ikan, karena tidak ada perusahaan yang datang dan membeli hasil tangkapan mereka. (*)

loading...

Sebelumnya

Bupati Merauke: Semua pejabat harus tes narkoba

Selanjutnya

Ratusan anak TK Bernadetha terima kado dari Santa Claus

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe