Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Papua harus bisa bersaing di kawasan pasifik dan global
  • Rabu, 12 Desember 2018 — 19:11
  • 897x views

Papua harus bisa bersaing di kawasan pasifik dan global

Posisi Papua sangat penting sehingga harus dibangun konsep baru.
Foto bersama para pembedah buku dan Asisten satu pemerintahan bidang pemerintahan provinsi Papua - (Jubi/Hengky Yeimo).
Hengky Yeimo
Editor : Syam Terrajana
LipSus
Features |
Selasa, 15 Januari 2019 | 10:26 WP
Features |
Senin, 14 Januari 2019 | 05:50 WP
Features |
Rabu, 09 Januari 2019 | 08:32 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
banner

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi - Acara launching dan bedah buku “Papua dalam Genggaman Dunia; Sebuah Fenomena Geopolitik Global” karya Dr.Jhon Manangsang dibuka langsung oleh Asisten 1 bidang pemerintahan Sekda Provinsi Papua, Doren wakerkwa.

Dalam sambutannya Wakerkwa mengatakan, posisi Papua sangat penting sehingga harus dibangun konsep baru.

"Tentunya Papua memiliki posisi yang sangat strategis. Hal ini membuat Papua menjadi sangat penting di posisi dunia internasional untuk pengembangan ekonomi di kawasan Pasifik," katanya saat menyampaikan sambutan pada acara yang digelar di salah satu Hotel di Jayapura, Rabu (12/12/2018).

Wakerkwa mengatakan, di abad ke-21 wilayah Pasifik merupakan era baru dalam persaingan ekonomi di dunia internasional. Sehingga Papua perlu dibangun dengan satu gagasan baru agar turut bersaing dengan negara-negara pasifik dan global.

"Kita telah memasuki 18 tahun pembangunan di era Otonomi Khusus setelah ditetapkannya pada tanggal 21 November 2001 dengan undang-undang nomor 21 tahun 2001," katanya.

Lanjut Doren Wakerkwa, Papua baru dibangun pasca Otonomi Khusus. Sebelum Papua dihantam oleh gejolak politik hal itu berdampak pada pembangunan di Papua. Pemerintah akademisi membangun Papua itu selama 18 tahun pasca implementasi undang-undang Nomor 21 Tahun 2001.

"Usia 18 Tahun masih sangat terlalu muda. Walau demikian pemerintah provinsi selalu mengupayakan potensi kekayaan alam, SDM yang ada untuk membangun Papua dengan maksimal," katanya.

Lanjut Doren, Salah satu persoalan yang pelik yang dihadapi oleh masyarakat Papua ialah, sumber daya alam yang ada diambil secara berlebihan oleh orang-orang luar Papua. Penguasaan tanah tanah adat, dan sumber-sumber ekonomi.

"Dengan melihat kondisi rakyat Papua yang selalu korban globalisasi ini, hal ini konon membuat Papua menjadi rebutan dunia. Dengan demikian Papua membutuhkan strategi pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang berbasis geopolitik dan kawasan di wilayah Provinsi Papua," katanya.

"Dengan dilaunchingnya buku ini sangat memberikan kontribusi pemikiran yang positif untuk mengisi pembangunan di Papua. Tetapi buku ini juga dapat menjadi rujukan bagi pemangku kepentingan di Tanah Papua seperti TNI Polri, pemerintah, aktivis LSM, pengamat dan lain sebagainya untuk membangun Papua berdasarkan fenomena geopolitik yang terjadi," katanya.

Sementara itu, Prof George Saah mengatakan telaah buku ini akan jadi referensi baru bagi masyarakat Papua . Buku ini dapat jadi jalan tengah atau solusi atas persoalan yang ada di Papua.

"Hari ini kita melihat Papua dengan kotak-kotak dan akhirnya mereka tidak melihat hal yang besar, sehingga pada kenyataannya kita sedang dihadapi dengan berbagai macam tantangan dari dalam dan juga dari luar dan ketidaksiapan kita, itu membuat kita tidak bisa prediksi di mana dan kita bikin apa,” bebernya. (*)




 

loading...

Sebelumnya

Buku "Dunia Dalam Genggaman Papua " akan diluncurkan

Selanjutnya

Sosialisasi sehat di Pasar Pharaa

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Rabu, 09 Januari 2019 WP | 6002x views
Polhukam |— Selasa, 08 Januari 2019 WP | 5639x views
Mamta |— Kamis, 10 Januari 2019 WP | 4973x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe